MENLU AS KERRY SEGERA KUNJUNGI ISRAEL DAN MESIR

       Washington, 22 Rabiul Awwal 1434 H/3 Februari 2013 (MINA) – Menteri Luar Negeri baru AS John Kerry berencana untuk mengunjungi Israel dan Mesir akhir bulan ini sebagai bagian dari perjalanan resmi pertama ke luar negeri.
        Beberapa koran di AS mengutip seorang pejabat yang tidak disebutkan namanya dalam laporan pada hari Jumat dan Sabtu mengatakan bahwa meskipun jadwal penuh Kerry belum jelas, tetapi kemungkinan akan mencakup kunjungan ke Tel Aviv dan Kairo dalam upaya untuk menghidupkan kembali pembicaraan yang masih tertunda antara rezim Israel dan faksi Fatah, serta menyikapi kerusuhan politik yang sedang berlangsung di Mesir.
        Kerry resmi dilantik sebagai Menteri Luar Negeri AS yang baru  pada Jumat oleh hakim Mahkamah Agung, menggantikan Hillary Clinton, yang mengundurkan diri setelah masa jabatan empat tahun sebagai diplomat Amerika.
       “Saya merasa sangat terhormat bisa dilantik dan saya sangat bersemangat pergi bekerja,” kata Kerry kepada wartawan setelah upacara tertutup di Capitol. “Saya akan melaporkan Senin pagi pukul sembilan untuk melaksanakan bagian saya.”

      Namun, beberapa media Israel mengklaim bahwa Kerry mengumumkan rencana untuk mengunjungi Israel “segera” setelah dilantik-sebagai menteri luar negeri, demikian menurut laporan PressTV yang dipantau Mi’raj News Agency, (MINA), Ahad.

      Mengenai masalah Suriah, Kerry tampaknya menolak kebijakan pemerintahan Barack Obama tentang perubahan rezim dan ketika ditekan oleh Senator dari partai Republikan, John McCain, tentang intervensi langsung di negara Timur Tengah untuk mendukung pemberontak anti Damaskus, Kerry mengatakan ia perlu waktu untuk lebih memahami situasi.
       Kerry tidak menjelaskan agenda kebijakan luar negeri AS dalam empat tahun ke depan, tetapi menekankan bahwa “kebijakan luar negeri adalah kebijakan ekonomi,” menegaskan bahwa Amerika Serikat harus berbuat lebih baik dalam kompetisi global untuk sumber daya dan pasar.  (T/P05/E1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply