JORDANIA KECAM KESEPAKATAN ISRAEL DAN VATIKAN

Palestina, 6 Rabiul Akhir 1434/16 Februari 2013 (MINA) – Menteri Urusan Wakaf dan Islam Jordania Dr Abdul Salam Al-Abbadi mengecam laporan surat kabar Israel yang menyatakan adanya kesepakatan antara Wakil Departemen Luar Negeri Israel dengan Perwakilan Vatikan di Jerusalem 29 Januari lalu.

Kesepakatan mencakup pembebasan pajak dari pemerintah Israel untuk lembaga Vatikan yang beroperasi di Jerusalem. 

“Israel juga memberikan kursi kepausan secara resmi di ruang jamuan di Jerusalem,” ujar Al-Abbadi.

Al-Abbadi mengemukakan, pengurus wakaf Jerusalem telah berkomunikasi dengan perwakilan Vatikan untuk menjelaskan apa yang terjadi.

Namun Vatikan membantah tuduhan tersebut dan mengatakan segala hal yang berkaitan dengan ruangan ini mesti dibicarakan dengan Jordania.

Dia menekankan, semua fasilitas dan tempat di kawasan Jerusalemn adalah wakaf  umat Islam. 

Al-Abadi menambahkan, tanah wakaf Islam memiliki kesucian, dasar hukum dan konvensi internasional yang menyatakan bahwa tanah tersebut tidak boleh diperjualbelikan, diberikan, dan digunakan. “Kesepakatan itu tidak sah dan tidak diakui, ini jelas pelanggaran hukum internasional,” tegasnya.

Al-Abadi menegaskan, ia akan menolak setiap tindakan yang diambil oleh Israel atau pihak lain atas cara yang illegal. 

Dia menyerukan kepada Liga Arab, Organisasi Kerjasama Islam, serta organisasi kemanusiaan internasional untuk segera mengambil tindakan yang diperlukan guna menghentikan langkah tersebu. (T/P08/R1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply