JUMLAH TAHANAN ANAK PALESTINA NAIK SIGNIFIKAN

Ramallah, 19 Rabiul Akhir 1434/1 Maret 2013 (MINA) – Sebuah laporan terbaru mengungkapkan adanya peningkatan jumlah anak-anak Palestina yang dipenjarakan dan diadili oleh pengadilan militer Israel.

Menurut sebuah Buletin penahanan yang dikeluarkan oleh Badan Perlindungan Internasional bagi anak Palestina, angka tersebut meningkat lebih dari 14 persen selama Januari 2013. Buletin tersebut mengatakan jumlah anak yang ditahan dan dituntut yang berusia 12-15 tahun meningkat sebesar 34,8 persen.

Pemindahan tahanan yang tidak resmi ke pusat-pusat penahanan Israel naik lebih dari 30 persen. Pemindahan tahanan anak dari Tepi Barat ke penahanan Israel melanggar pasal 76 dari Konvensi Jenewa.

Hal ini muncul beberapa hari setelah kematian kontroversial Arafat Jaradat (30) yang berada di tahanan Israel. Meskipun Israel mengklaim ia meninggal karena serangan jantung, sumber lain mengatakan dia disiksa sebelum kematiannya.

Menurut laporan pada 1 April 2012 yang diterbitkan oleh Asosiasi Dukungan terhadap tahanan palestina dan Hak Asasi Manusia, setidaknya ada 4.610 tahanan politik Palestina yang ditahan di penjara-penjara Israel.

Sumber-sumber independen lainnya menempatkan jumlah tahanan Palestina di penjara Israel sejumlah 11.000 tahanan. (T/P05/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Leave a Reply