KARZAI PERINTAHKAN PASUKAN AS KELUAR DARI AFGHANISTAN

Kabul, 16 Rabiul Akhir 1434/26 Februari 2013 (MINA) –  Presiden Afghanistan Hamid Karzai  memerintahkan pasukan khusus Amerika untuk meninggalkan Afghanistan dalam waktu dua minggu karena dituduh melakukan tindakan-tindakan penyiksaan penduduk setempat.

“Dalam pertemuan Dewan Keamanan Nasional, Karzai memerintahkan Kementerian Pertahanan untuk mengusir keluar pasukan khusus AS dari Afghanistan,” kata juru bicara Presiden, Aimal Faizi,  (24/1).

Faizi mengatakan, keberadaan pasukan khusus AS membuat ketidakamanan dan ketidakstabilan di Afghanistan.

Menurut pernyataan yang dikutip  Independent, keamanan nasional menemukan bukti adanya seorang bersenjata yang diduga pasukan khusus AS di Provinsi Wardak, Afghanistan, terbukti melecehkan, mengganggu, menyiksa bahkan membunuh warga setempat yang tidak bersalah.

Dalam insiden terpisah, seorang mahasiswa dibawa pergi dari rumahnya pada malam hari.  Kemudian mahasiswa itu disiksa dan dibunuh. setelah dua hari jenazahnya baru ditemukan, kata sumber Independent.

Namun, menurut Faizi, Amerika menolak tuduhan dan keterlibatan pasukan khusus mereka.

Juru bicara pasukan khusus AS mengatakan, perlu bukti atas semua tuduhan pelanggaran serius tersebut.

“Kita akan tunggu, sampai ada kesempatan untuk berbicara dengan pejabat senior pemerintah,” kata jubir pasukan AS. (T/P08/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply