MENTERI PENDIDIKAN CHINA TEGASKAN BUS SEKOLAH AMAN

Beijing, 17 Rabiul Akhir 1434/27 Februari 2013 (MINA) – Departemen Pendidikan China, Selasa (26/2), menegaskan sepenuhnya akan menerapkan peraturan bus sekolah demi keselamatan setelah beberapa sekolah tidak mematuhi aturan baru.

“Sejumlah taman kanak-kanak masih bebas dalam menggunakan bus sekolah dan terus ada di beberapa daerah” kata kementerian kepada Xinhua yang diterima Mi’raj News Agency.

“Sebuah mekanisme pengaman yang efektif, manajemen belum didirikan di departemen pendidikan” tambahnya.

Menurut kementerian, peraturan keselamatan diberlakukan pada bulan April tahun lalu, menyiapkan ketentuan rinci mengenai pengemudi dan kualifikasi bus sekolah dan tanggung jawab hukum.

Namun, di beberapa daerah lokal, kualifikasi pengemudi bus sekolah sudah disetujui sesuai dengan peraturan keselamatan bus sekolah. Beberapa kendaraan sekolah juga menemukan kesulitan untuk mendapatkan pelat pendaftaran baru, kata kementerian tersebut.

Sejumlah kecelakaan bus sekolah telah terjadi di China dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini mendorong pemerintah untuk menerapkan peraturan keamanan baru dan standar untuk menjamin keselamatan siswa yang lebih baik dan menenangkan kekhawatiran masyarakat.

Pada November 2011, sebuah kecelakaan bus sekolah, 21 murid tewas, menabrak mobil minivan dengan 62 siswa prasekolah, jatuh di Provinsi Gansu China barat laut. Sementara pada bulan Desember 2012, siswa TK 11, berusia antara empat dan enam tahun meninggal, bus sekolah itu kelebihan beban dan jatuh ke tambak di Provinsi Jiangxi, China timur. (T/P014/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Leave a Reply