KENYA ADAKAN DEBAT BERSEJARAH CALON PRESIDEN

Nairobi, 2 Rabiul Akhir 1434/12 Februari 2013 (MINA) – Sejarah Kenya tercipta di Brookhouse International School, Nairobi Senin malam (11/2) ketika delapan kandidat turun ke podium debat untuk membahas berbagai  program tawaran mereka sebagai calon presiden Kenya, media nasional Kenya Africa Review melaporkan dalam situsnya. Pada awalnya hanya enam kandidat  yang dijadwalkan. Dua kandidat diblokir akhirnya diputuskan untuk bisa ikut ambil bagian.

Kedelapan kandidat tersebut adalah Perdana Menteri Raila Odinga, dua wakilnya Uhuru Kenyatta dan Musalia Mudavadi. Lainnya adalah mantan anggota parlemen Martha Karua, Peter Kenneth dan Paul Muite. Serta mantan Sekretaris Tetap Kementerian James ole Kiyiapi dan mantan guru Mohammed Abduba Dida.

Setelah memperkenalkan diri, para kandidat diminta untuk memberikan perspektif mereka tentang etnisitas yang dianggap sebagai pendorong utama politik Kenya. Perdebatan itu disiarkan langsung secara lokal pada delapan TV dan 34 stasiun radio. Media internasional BBC, CNN, Reuters dan Al Jazeera juga meliput acara bersejarah tersebut.

Raksasa internet Google juga merekam perdebatan itu di http://youtube.com/user/electionskenya/ dan Harian Bangsa di http://nation.co.ke menayangkan langsung dalam websitenya. Kenya akan melaksanakan pemungutan suara pada tanggal 4 Maret untuk memilih  pemimpin negara selama lima tahun ke depan. Ini adalah putaran kedua. Pemilu paling demokratis pertama setelah 50 tahun merdeka dari penjajahan Inggris. Pemilu-pemilu sebelumnya lebih karena loyalitas etnis atau ego kekuatan politik. Terutama suku terbesar mengalahkan suku-suku kecil.

Meskipun terlihat sama, namun pemilu kali ini melibatkan dinamika komposisi gabungan perusahaan  joint venture dari berbagai negara dengan koalisi partai. Para pengamat politik menilai, tidak ada satu pun kandidat yang sangat menonjol dan dipastikan akan menang. Pemilu ini akan berlangsung ketat. Kenya tidak mau mengulangi kecerobohan pemilu 2007 yang menyebabkan timbulnya kerusuhan berdarah. Calon presiden pemenang akan diminta mengumpulkan 50 persen plus satu dari total suara.

Presiden Mwai Kibaki akan pensiun setelah  dua periode menjabat sebagai presiden ketiga Kenya sejak 30 Desember 2002.  Akhir 2007 ia kembali dilantik sebagai presiden setelah kontroversial muncul sebagai pemenang dalam persaingan yang sengit. Pemilu diperburuk oleh tuduhan penipuan dan penyimpangan yang mengarah kepada kekerasan pasca pemilihan 2007-2008.

POLITIK

Kenya atau Republik Kenya atau Jumhuriye Kenya adalah sebuah negara yang terletak di kawasan Afrika Timur yang berbatasan langsung dengan Ethiopia di sebelah utara, Somalia di sebelah timur dan timur laut, Tanzania di selatan, Uganda di barat, Sudan di barat laut serta dibatasi Samudera Hindia di bagian tenggara.

Pada tahun 2010, Kenya memiliki populasi penduduk keseluruhan sebanyak 34.341.000 jiwa. kota terbesarnya adalah Nairobi, yang juga sekaligu sebagai merupakan ibukotanya. Kenya adalah republik demokrasi perwakilan dengan sistem presidensial, di mana Presiden Kenya menjadi kepala negara dan kepala pemerintahan sekaligus.

Kenya memakai sistem multipartai. Kekuasaan eksekutif dipegang oleh pemerintah, yang juga memegang kekuasaan legislatif bersama National Assembly. Kekuasaan yudisial tidak dipengaruhi oleh dua kekuasaan tersebut.

Sejak kemerdekaannya, Kenya berhasil menjaga stabilitas di tengah perubahan sistem politik dan krisis-krisis di negara tetangganya. Ditambah lagi setelah dianutnya demokrasi multipartai, penduduk Kenya bisa menikmati kebebasan yang lebih. Reformasi yang dilaksanakan parlemen pada tahun 1997 merevisi beberapa undang-undang yang opresif, diwariskan dari era kolonial dan mengekang kebebasan berbicara dan berkumpul.

Pada Desember 2002, terjadi perubahan dalam kekuasaan di Kenya. Untuk pertama kalinya diadakan pemilu yang terbuka dan demokratis, serta oleh pengamat internasional dinilai bebas dan adil. Kekuasaan yang tadinya dipengang satu partai sejak merdeka berpindah ke koalisi-koalisi baru partai politik. Dari pemilu tersebut, Mwai Kibaki terpilih menjadi Presiden Kenya.

Desember 2007, Kibaki memenangi pemilu presiden secara kontroversial. Akibatnya kerusuhan pecah di Kenya. Kemudian pada April 2008, Kibaki mengumumkan kabinet baru yang merupakan koalisi antara partai berkuasa dan opisisi di mana pemimpin opisisi Raila Odinga menjadi Perdana Menteri Kenya. Masing-masing partai juga berhak memilih wakil perdana menterinya sendiri.(T/P09/R2).

Miraj News Agency (MINA)

Leave a Reply