KONFERENSI TINGKAT TINGGI DI KAIRO UNTUK ATASI PEMUKIMAN ISRAEL

Kairo, 22 Rabiul Awal 1434/3 Februari 2013 (Ma’an/MINA) – Para pejabat senior dari negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam mengadakan pertemuan di Kairo, Sabtu (2/2) untuk mempersiapkan agenda KTT Islam ke-12 pekan depan. Kegiatan permukiman Israel di Palestina akan menjadi bagian dari agenda KTT, demikian dikutip kantor berita Wafa yang diterima Miraj News Agency (3/2).

“Kami berharap dalam sesi ini bisa mendengarkan saran dari raja-raja dan presiden negara-negara anggota tentang topik kegiatan permukiman. Topik lain akan dibahas pada hari kedua pertemuan puncak itu,” kata kementerian luar negeri Mesir Amr resmi Ramadhan.

Utusan Palestina untuk PBB, Riyad Mansour, mengatakan dalam pertemuan itu, bahwa Palestina telah menjadi prioritas utama bagi OKI, terutama setelah PBB menerima Palestina sebagai negara non-anggota pada bulan November.

Konferensi Tingkat Tinggi Islam yang akan diselenggarakan pada Februari tanggal 6-7 Februari mendatang di Kairo, akan mengangkat tema tentang “Dunia Islam: Tantangan dan Peluang Baru”.

KTT ini sedianya digelar di Hotel Dusit Thani LakeView di Distrik Tagammu Khamis, New Cairo, tempat pertemuan SOM digelar, namun belakangan dipindah ke hotel dekat Bandara Kairo karena alasan keamanan. Distrik Tagammu Khamis di pinggiran Kairo Timur merupakan kawasan elit yang dikenal sebagai tempat pengadilan terhadap mantan Presiden Hunsi Mubarak yang telah divonis hukuman penjara seumur hidup.

Di sisi lain, stabilitas keamanan di Mesir masih belum kondusif akibat maraknya aksi demonstrasi anti pemerintah, yang dalam sepekan terakhir menewaskan sedikitnya 60 orang dan ratusan orang lagi cedera. Dalam bentrokan terbaru di luar kompleks Istana Presiden pada Jumat petang hingga Sabtu (2/2) dinihari menewaskan satu orang dan melukai 79 orang.(T/P014/R2).

MIRAJ NEWS AGENCY (MINA)

Leave a Reply