KTT OKI : BEBAS VISA IRAN-MESIR-TURKI

      Kairo, 27 Rabiul Awal 1434/7 Februari 2013 (MINA) – Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi mengatakan di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi Organisasi Kerjasama Islam (KTT OKI) Ke-12 di Kairo, Kamis (7/2), pemerintahnya bermaksud mencabut visa bagi para pedagang dan wisatawan dari Mesir ke Iran.
      Kantor Berita MENA malaporkan, pencabutan visa kunjungan warga Mesir ke Iran menunjukkan perkembangan hubungan kedua Negara yang semakin erat pascarevolusi Mesir.   
      “Kedua negara terus mengambil langkah-langkah pengembangan ke depan,” ujar Salehi. 
      Menurutnya, pembicaraan akan berlanjut pada tingkat menteri luar negeri tiga negara Iran, Mesir dan Turki dalam pertemuan trilateral.
      Sebelumnya, 10 Juni 2010, Turki, Lebanon, Jordania dan Suriah menyepakati zona perdagangan bebas, lengkap dengan aturan perjalanan bebas visa untuk warga negara mereka. Empat negara membentuk dewan kerjasama pengembangan kemitraan strategis dan membuat zona pergerakan bebas barang dan orang antar negara.
      Pada Konferensi Koalisi Global untuk Palestina di Istanbul, Turki, 18 Januari 2011, delegasi Indonesia dari Jama’ah Muslimin (Hizbullah) mengajukan draft bebas visa kunjungan antar negara Islam di dunia.  
      Hal ini memberi peluang besar bagi terjalinnya persaudaraan sesama muslim di kawasan tersebut, termasuk bagi kemajuan perekonomian muslim di negeri-negeri Islam. 
      Negara-negara anggota Asia Tenggara (ASEAN) menetapkan bebas visa kunjungan antarwarganya sejak 2011 dengan bermacam variasi jumah hari kunjungan. Brunei (bebas visa 14 hari), Kamboja (30 hari), Malaysia (30 hari), Filipina (21 hari), Singapura (30 hari), Thailand (30 hari), Vietnam (30 hari), dan Laos (30 hari).
      Visa adalah dokumen dinas imigrasi yang menunjukkan bahwa seseorang diperbolehkan memasuki suatu negara. Beberapa negara tidak memerlukan visa dalam beberapa situasi, seperti sebagai hasil dari perjanjian bilateral. (T/R1). 
 
Mi’raj News Agency (MINA)
 

Rate this article!

Leave a Reply