LAGI, TENTARA ZIONIS ISRAEL BENTROK DENGAN RAKYAT PALESTINA

Yerusalem, 23 Rabiul Awal 1434/4 FEbruari 2013 (MINA) – Tentara Israel kembali bentrok dengan sekitar 150 warga Palestina yang memblokir perluasan pembangunan pemukiman Israel di Tepi Barat Sabtu(2/2). Mereka melakukan berbagai upaya untuk menghentikan ekspansi tersebut dalam beberapa pekan terakhir ini.

Tentara Israel menggunakan gas air mata dan granat kejut untuk membubarkan rakyat Palestina dan menghancurkan puluhan tenda dan gubuk kecil dari kamp al-Manatir desa Burin, Tepi Barat. Sampai berita ini diturunkan, belum ada laporan mengenai warga yang terbunuh atau terluka.

Juru bicara militer Israel mengatakan tentaranya menggunakan taktik non-mematikan dalam usaha mengusir rakyat di Palestina di Tepi Barat. Mereka melawan kami dengan melemparkan batu. Namun fakta selama ini membuktikan banyak rakyat Palestina yang terbunuh dan luka berat dalam beberapa bentrokan dengan tentara Israel.

Rakyat Palestina selama ini berusaha untuk mempertahankan tanah mereka di Tepi Barat. Namun Israel terus melakukan perluasan pembangunan pemukimannya dengan merampas tanah milik rakyat Palestina. Secara khusus, mereka memprotes kebijakan Israel yang tidak mengizinkan warga Palestina untuk melakukan pembangunan di daerah yang telah diklaim dikuasai Israel.

Sementara itu, rakyat Palestina melakukan perlawanan dengan membangun perkemahan dan mendirikan pos-pos di daerah yang akan dibangun oleh Israel. Meskipun Israel memandang pos-pos tersebut ilegal dan beberapa diantaranya telah dibongkar paksa.

Sampai bulan Januari 2013 sudah sekitar 500.000 warga Israel tinggal di permukiman Yahudi yang tersebar di seluruh Tepi Barat dan Jerusalem Timur. Permukiman tersebut dianggap ilegal oleh masyarakat internasional. Pada Kamis lalu(31/1) sebuah laporan PBB mengecam keras kegiatan pembangunan permukiman Israel tersebut karena hal itu melanggar HAM rakyat Palestina dan menyerukan kepada Israel untuk menghentikan pembangunan.(T/P04/R2)

Miraj News Agency(MINA)

Leave a Reply