KEDUBES AS DI TURKI DIBOM, DUA TEWAS

  Ankara, 21 Rabiul Awal 1434 H/2 Februari 2013 (MINA) – Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Ankara, Turki, Jumat, dibom oleh pelaku bom bunuh diri, dua orang tewas, seorang petugas kedutaan dan pelaku bom, serta melukai seorang warga.

      Dalam keterangannya, Menteri Dalam Negeri Turki Muammer Guler mengatakan,  petugas keamanan yang tewas di yaitu Mustafa Akarsu (47).

      Menururtnya, pelaku bom bunuh diri meledakkan bom di gerbang masuk nomor 2 Kedubes  AS Jumat pukul 13.14 waktu setempat.

      “Seorang petugas keamanan, Mustafa Akarsu, dan pelaku bom bunuh diri tewas di tempat kejadian, seorang wanita Turki, Tuncay Didem (39) mengalami luka serius,” ujar Guler. Didem adalah seorang wartawan yang bekerja di Ankara.

      “Kami sedang berusaha menyelidiki siapa pelaku bom bunuh diri, yang disebutkan sebagai seorang lalk-laki”, kata Guler.

Perketat Keamanan  
     Setelah kejadian, pihak keamanan setempat beruaha memperketat keamanan di sekitar kedutaan. Sebagian jalan Paris Avenue tempat Kedubes ditutup untuk lalu lintas. Termasuk sekitar kawasan ledakan, seperti kawasan Kedutaan Jerman dan Kedutaan Perancis.
     Puluhan polisi Turki  dikirim ke lokasi kejadian, sebuah helikopter polisi juga ikut dikerahkan.
     Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davutoglu yang masih berada di luar negeri langsung menelepon Duta Besar AS di Ankara, Francis Ricciardone, menyusul ledakan itu.
     Kantor Berita Turki Anadolu memberitakan, menurut sumber-sumber diplomatik, Mnlu Davutoglu saat ini sedang mengadakan kunjungan ke Serbia. Davatoglu menelepon Ricciardone dan menyatakan keprihatinannya atas ledakan yang menewaskan dua orang dan melukai yang lain.

     Davutoglu mengatakan, pasukan keamanan Turki melakukan segala upaya untuk mengungkap kejadian tersebut. (T/P05/R2/R1).

Miraj News Agncy (MINA)

Rate this article!

Leave a Reply