MENLU IRAN KUNJUNGI MOSKOW UNTUK PERTEMUAN KOMISI BERSAMA

       Teheran, 23 Rabiul Awwal 1434/ 4 Februari 2013 (MINA) – Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi dijadwalkan akan mengunjungi ibukota Rusia Moskow akhir bulan ini untuk menghadiri komisi ekonomi bersama Iran-Rusia ke-10, demikian menurut laporan Press TV yang dipantau Mi’raj News Agency (MINA), Senin.

      Pertemuan tahunan Dewan Usaha Rusia-Iran (the Russian-Iranian Business Council (RIBC) dijadwalkan akan diselenggarakan pada 11-12 Februari di Moskow.

       Menteri Energi Rusia Alexander Novak akan mewakili negaranya dalam acara tersebut.

      Duta Besar Iran untuk Moskow Reza Sajjadi mengatakan bahwa pertemuan tahunan RIBC itu diperkirakan akan membahas perluasan perdagangan serta kerjasama industri, transportasi, energi dan konsulat antar kedua negara.
      RIBC dibentuk pada 2006 dan kedua negara telah menandatangani dokumen untuk memperluas kerjasama ekonomi bilateral di berbagai bidang seperti nuklir, energi minyak, gas industri, dan pariwisata.

      Iran dan Rusia memiliki kerjasama yang erat di bidang lain seperti keamanan, memerangi perdagangan narkoba dan transportasi.

       Pada 22 Januari, Menteri Dalam Negeri Iran Mostafa Mohammad-Najjar dan pasangannya dari Rusia Vladimir Alexandrovich Kolokoltsev menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding – MoU) untuk meningkatkan kerja sama keamanan antara kedua negara.

      Pada Januari 2012, Iran dan Rusia menandatangani MoU untuk memperluas kerjasama transportasi jalan, kereta api dan udara serta teknis dan bidang teknik.

      Kepala Departemen Hubungan Luar Negeri Rusia di Dewan Dagang dan Industri Vladimir Padalko mengatakan pada 10 Januari bahwa, “Moskow akan melanjutkan kerjasama perdagangan dengan Iran dan tidak ada masalah yang dapat mencegah perkembangan hubungan perdagangan antar kedua negara.” (T.P06/E1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply