LPPOM MUI JATENG LUNCURKAN SERTIFIKASI HALAL ONLINE

Semarang, 17 Rabiul Akhir 1434/27 Febuari 2013 (MINA) – Dalam rangka mempermudah layanan terhadap konsumen, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-Obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Jawa Tengah mengeluarkan layanan sertifikasi halal secara online.

Ketua Umum MUI Jateng Dr KH Ahmad Daroji mengatakan, melalui sistem ini perusahaan dapat mengajukan permohonan sertifikasi halal produk secara online tanpa batas waktu dan tempat, ujarnya pada sambutan Pelatihan Certification Online Service System 23000 (CEROL-SS-23000) di Aula MUI Jateng, Semarang.

“Dengan sistem online ini diharapkan dapat mempermudah dan memperlancar umat Islam baik untuk mendaftarkan produk-produknya mendapatkan sertifikat halal maupun untuk mengetahui produk-produk yang sudah bersertifikat halal,” kata Daroji, seperti dilaporkan halalmui

Menurutnya, ada beberapa keunggulan proses sertifikasi halal online, yaitu waktu proses sertifikasi menjadi lebih cepat, sertifikasi halal dapat diunduh dari sistem data, tidak perlu ada pengulangan pengisian data bahan dan produk dari pendaftaran sebelumnya, serta akses pencarian produk bersertifikasi halal menjadi lebih mudah. 

“Dengan demikian perusahaan mendapatkan keseragaman dalam proses sertifikasi,” lanjut Daroji.

Melalui sertifikasi online, LPPOM MUI dapat menghemat tenaga auditornya. Sebab jumlah auditor sekitar 500 orang tidak perlu lagi datang ke daerah-daerah, cukup dipantau secara nasional. Karena di daerah sudah tersedia. Proses sertifikasi lebih efektif, efisien dan biayanya terjangkau, katanya.

Daroji menambahkan, perusahaan yang mengurus sertifikat produk halal selama ini didominasi perusahaan makanan dan minuman. Sementara untuk kosmetika, obat-obatan, restoran dan hotel masuh sedikit.

Sistem sertifikasi halal dijadwalkan disosialisasikan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) LPPOM MUI Seluruh Indonesia.

Sementara itu, Sekretaris MUI Jateng, Prof Ahmad Rofiq,MA berharap, adanya sistem sertifikasi halal online dapat memperkuat lembaga LPPOM MUI dan menambah kepercayaan masyarakat pengusaha dan konsumen.

“LPPOM diharapkan tetap eksis dan memberikan layanan update terbaik di tengah badan halal organisasi Islam yang mulai bermunculan,” ujarnya. (T/P012/R1).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply