OBAMA KUNJUNGI PALESTINA, DUKUNG PERDAMAIAN ISRAEL-PALESTINA

Tel Aviv, 26 Rabiul Awal 1434/6 Februari 2013 (MINA) – Presiden AS Barack Obama akan mengunjungi Timur Tengah pada Maret untuk memulai kembali proses perdamaian, sebuah stasiun televisi Israel melaporkan Selasa.

Channel 10 melaporkan bahwa ajudan pemimpin Amerika berada di wilayah tersebut mempersiapkan kunjungannya pada 20 Maret yang mencakup kota-kota di Israel dan Tepi Barat yang diduduki.

Laporan yang dikutip dari sumber-sumber politik mengatakan kunjungan Obama akan tiba setelah pemerintah koalisi baru Israel dilantik. Dia mencoba untuk mendukung perundingan perdamaian antara Israel dan Palestina.

Sementara itu juru bicara Gedung Putih, Jay Carney mengatakan kepada wartawan bahwa Obama berencana mengunjungi Tepi Barat dan Yordania sebagai bagian dari perjalanan yang akan datang ke Timur Tengah.

Sebelumnya, Carney menegaskan Obama akan melakukan perjalanan ke Israel pada musim semi, perjalanan pertamanya ke negara itu sejak memangku jabatan, namun perjalanan tidak dirilis.

Ma’an melaporkan, Obama akan bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan pemimpin Palestina dan Yordania selama kunjungannya, Carney mengatakan.

Seorang pejabat Gedung Putih mengatakan kepada Reuters bahwa Obama dan Netanyahu membahas masalah ini dalam panggilan telepon pada 28 Januari lalu.

“Awal jabatan kedua presiden (Obama) dan pembentukan pemerintah baru Israel menawarkan kesempatan untuk menegaskan kembali obligasi dalam dan abadi antara Amerika Serikat dan Israel dan untuk membahas solusi ke depan dari berbagai isu yang menjadi perhatian bersama, termasuk Iran dan Suriah, “kata pejabat itu.(T/P-08/R2).

Miraj News Agency (MINA)

Leave a Reply