PALESTINA MULAI PENDATAAN PEMILU

Yerusalem, 2 Rabiul Awal 1434/12 Februari 2013 (MINA/IINA) – Komite Pemilu Palestina membuka pendaftaran pemilih di Tepi Barat dan Gaza pada Senin (11/2), dengan menempatkan sebanyak 347 tempat pendaftaran di Tepi Barat dan 257 lainnya di Gaza.

Dalam sebuah pernyataan, komite tersebut mendesak semua warga negara yang mencapai 17 tahun atau yang tidak mendaftar sebelumnya untuk segera melakukan pendaftaran.

Juru Bicara Hamas, Sami Abu Zuhri sebelumnya mengatakan, panitia telah memberitahukan semua faksi akan memperbarui daftar pemilihan dari 11 Februari sampai 19 Februari di Gaza dan Tepi Barat.

“Kami telah sepakat untuk mulai di Gaza dan Tepi Barat,” ungkap Kepala Komite Pemilihan Pusat, Hanna Nasser setelah bertemu dengan Perdana Menteri Palestina, Ismail Haniya. Hanna mencatat bahwa akan ada 257 tempat pendaftaran untuk memperbarui data pemilih di Gaza.

“Kita bisa menyelesaikan 99% dari masalah yang berkaitan dengan pendaftaran pemilih,” tambah Hanna.

Nasser menyerukan Hamas dan Fatah untuk memberikan suasana positif sampai akhir pendaftaran pemilih di Gaza. Ia menyatakan harapannya agar atmosfer positif yang telah tercapai saat ini tidak akan terganggu oleh pernyataan media antara Hamas dan Fatah.

Selama beberapa waktu terakhir ini, Hamas dan Fatah sudah mulai membuka diri untuk mengadakan rekonsiliasi antara dua faksi terbesar Palestina tersebut. Hal ini yang sangat membantu dalam proses pemilu mendatang.

Nasser menekankan perlunya kemungkinan semua warga untuk mendaftarkan nama mereka. “Apa pun yang terjadi, panitia harus melanjutkan pekerjaannya,” ungkapnya.

Sementara itu, para panitia mengatakan bahwa proses pendaftaran yang dimulai pada tanggal sembilan bulan Februari lalu, akan dijadwalkan adanya pertemuan antara faksi Palestina di Kairo, untuk mulai mengintegrasikan kelompok “Hamas” dan “Jihad Islam”  yang keduanya berbasis di Gaza dan  Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) di tepi barat.(T/P01/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Rate this article!

Leave a Reply