PARTAI FJP MESIR: PROSEDUR PEMILU SESUAI KONSTITUSI

Kairo, 15 Rabiul Akhir 1434/25 Februari 2013 (MINA) –  Partai Kebebasan dan Keadilan (Freedom And Justice Party/FJP) Mesir mengatakan prosedur pemilihan parlemen sudah legal dan sesuai  dengan konstitusi, oleh karena itu undang-undang yang ditetapkan Dewan Syura pekan lalu tersebut tidak bisa dikasasi.

Menurut Egypt Independent yang dipantau Mi’raj News Agency (MINA) FJP mengatakan pemboikotan oposisi  terhadap  pemilihan tidak akan mempengaruhi legitimasi mereka.

Mohamed El-Baradei, politikus oposisi Mesir menyerukan boikot pemilu parlemen yang akan dimulai pada April 2013 dengan mengatakan ia menolak ambil bagian dalam suatu tindakan penipuan.

Saad Emara, anggota tertinggi partai FJP yang juga anggota Dewan Syura mengatakan undang-undang tersebut tidak bisa diajukan banding, karena anggota-anggota dewan sudah mempertimbangkan semua transkrip  Mahkamah Konstitusi Agung,  juga mempertimbangkan konstitusionalitas hukum dan saran pengadilan sebelum menetapkan undang-undang tersebut.

Sebelumnya Presiden Mursi pada 21 Februari menetapkan tanggal pemilihan parlemen dimulai 22 April dan berakhir Juni 2013, di mana akan dibagi menjadi empat tahap.

“Keputusan untuk mengadakan pemilihan dalam empat tahap adalah untuk menjamin pengawasan peradilan,”  kata Emara.

Pada tahap pertama, warga Mesir yang tinggal di luar negeri akan melakukan pengambilan suara, sedangkan  ketiga tahap lainnya adalah giliran warga Mesir yang tinggal di dalam negeri melakukan voting.

Emara mengatakan kepada Al-Masry Al-Youm, parlemen yang baru akan mengubah sistem berbasis daftar dan pemenang tunggal,  serta membatalkan kuota 50 persen yang dialokasikan untuk pekerja dan petani.

Terkait usaha oposisi pemerintah yang berusaha memboikot pemilu, Emara mengatakan  itu adalah hak dan sikap politik yang wajar dari pihak manapun. “Sebagian besar partai-partai akan mundur dari sikap mereka dan mengambil bagian dalam pemilu,” tambah Emara.

Setelah mengeluarkan tanggal pemilihan parlemen tersebut, Mursi menyerukan semua pihaknya untuk bekerja sama ambil bagian dalam pemungutan suara, kata Anadolu Agency pada Jum’at (22/2).(T/P03/R2).

Mi’raj News Agency (MINA) 

 

Leave a Reply