PEMBOMAN DAMASKUS ADALAH KEJAHATAN PERANG

Damaskus, 13 Rabi’ul Akhir 1434/23 Februari 2013 (MINA) – Utusan Khusus PBB-Liga Arab ke Suriah Lakhdar Brahimi mengutuk serangan bom di Damaskus dan menggambarkannya sebagai kejahatan perang.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada Jumat, Brahimi mengatakan ia mengutuk keras ledakan buas dan mengerikan di Damaskus kemarin, yang mengakibatkan pembunuhan sekitar 100 dan melukai dua ratus lima puluh warga sipil. 

“Tidak ada yang bisa membenarkan tindakan mengerikan seperti jumlah itu untuk kejahatan perang di bawah hukum internasional.” Press TV melaporkan seperti dipantau oleh Mi’raj News Agency (MINA), Sabtu (23/2). Suriah telah meminta PBB untuk mengeluarkan kecaman yang jelas dari pemboman di ibukota Suriah.

Dalam surat kepada Sekjen PBB dan Ketua Dewan Keamanan PBB (DK PBB / UN Security Council / UNSC) pada Kamis, Menteri Luar Negeri Suriah mengatakan adopsi Dewan Keamanan tentang sikap tegas pada serangan mematikan akan mengirim pesan kepada kelompok-kelompok teroris dan orang-orang yang mendukung mereka .

“Tapi jika DK PBB menutup mata terhadap aksi teroris, sama seperti yang dilakukan sebelumnya, maka akan memperdalam keraguan tentang keseriusannya dalam memerangi terorisme dan komitmennya untuk melaksanakan resolusi dalam hal ini,” tambah Menteri Luar Negeri Suriah.

Bulan lalu, Brahimi meminta Dewan Keamanan PBB untuk mendirikan sebuah badan internasional guna melakukan penyelidikan independen terhadap kejahatan perang di Suriah. Krisis Suriah dimulai pada Maret 2011. Banyak orang termasuk sejumlah besar pasukan keamanan telah tewas dalam kekerasan itu. Pemerintah Suriah mengatakan bahwa kekacauan telah diatur dari luar negeri, dan ada laporan bahwa jumlah yang sangat besar dari para militan adalah warga negara asing.(T/P06/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply