PERANG MALI TERBARU 13 TENTARA CHAD TEWAS

Mali, 14 Rabiul Akhir 1434/24 Februari 2013 (MINA) – Komandan militer Chad mengumumkan 13 tentara Chad dan 65 pejuang Islam tewas dalam pertempuran sengit di wilayah pegunungan Ifoghas bagian utara Mali, Modern Ghana melaporkan Sabtu (23/2).

“Tentara Chad menghancurkan lima kendaraan dan menewaskan 65 gerilyawan,” katanya dan dia menambahkan 13 tentaranya telah tewas dan lima lainnya terluka.

Awal bulan ini, sekitar 1.800 tentara Chad menguasai kota utara Kidal untuk mengamankan benteng terakhir pejuang Islam Mali. Chad berjanji mengerahkan 2.000 tentara kepada pasukan Afrika yang dipimpin intervensi The African-led International Support Mission to Mali (AFISMA) di Mali.

Perancis berharap pasukan ini akan menggantikan pasukannya setelah serangan kilat Perancis yang memaksa kelompok pejuang Islam Mali keluar dari kota-kota utara ke padang pasir sekitarnya dan pegunungan utara.

Sementara itu sumber keamanan mengatakan kepada wartawan AFP bahwa pertempuran baru meletus di Mali Utara,Sabtu (23/2).  Serangan terbaru itu untuk memukul  pejuang Islam dari kota-kota besar yang dikuasai.

Pasukan dari  kelompok etnis Tuareg (MNLA) menyerang kelompok  tak dikenal di dekat kota utara Tessalit, daerah terjadinya bom bunuh mobil  yang menewaskan tiga orang sehari sebelumnya.(T/P09/R2).

Mi’raj News Agency (MINA).

Leave a Reply