PERDANA MENTRI KAMBOJA KUNJUNGI CHINA PADA APRIL

Koh kong, 14 Rabiul Akhir 1434/24 Februari 2013 (MINA) – Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen mengatakan, Sabtu (23/2), ia akan melakukan kunjungan resmi ke Beijing pada bulan April untuk bertemu dengan pemimpin baru China untuk memperkuat hubungan bilateral.

“Jika tidak ada perubahan apapun, saya akan melakukan kunjungan resmi ke Republik China pada bulan April untuk bertemu dengan para pemimpin baru China, Hu Jintao dan Presiden China, Wen Jiabao yang pensiun pada bulan Maret, sehingga akan ada pemerintah China baru, “katanya saat peresmian PLTA Cina diinvestasikan dalam Sre Ambel kabupaten di Barat Daya Provinsi Koh Kong.

Ia mengatakan, sampai saat ini, hubungan Tionghoa-Kamboja telah mencapai tingkat tinggi, mengingat bahwa selama kunjungannya ke China pada tahun 2010 dan selama kunjungan Hu Jintao dan Wen Jiabao ke Kamboja pada tahun 2012, kedua belah pihak, Kamboja dan China, setuju untuk meningkatkan tingkat kerjasama dengan Kemitraan Strategis Komprehensif kerjasama.

“Dalam pertemuan yang akan datang dengan para pemimpin Cina yang baru, berencana membicarakan promosi Kemitraan Strategis Komprehensif Kerjasama antara Kamboja dan China,” katanya kepada kantor berita Xinhua yang diterima mi’raj news agency.

“Kami akan mengintensifkan kerjasama bilateral di bidang ekonomi, perdagangan, investasi, dan bidang lainnya, terutama pariwisata.” tambahnya.

Perdana menteri Hun Sen mengatakan, sudah beberapa kali Cina mengunjungi Kamboja, China merupakan turis dengan jumlah terbesar ke-3 yang pernah datang ke Kamboja. Menurut laporan pariwisata Kamboja, 333.900 wisatawan China mengunjungi Kamboja tahun lalu, naik 35 persen dari tahun ke-tahun.(T/P014/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply