PLO DESAK OBAMA MAINKAN PERAN POSITIF DI TIMUR TENGAH

Ramallah, 26 Rabiul Awal 1434/7 Februari 2013 (MINA) – Hanan Ashrawi, anggota Komite Eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina (Palestine Liberation Organization/PLO), mendesak Presiden Amerika Serikat Barack Obama untuk memainkan peran yang lebih positif dalam konflik Timur Tengah.

Dia mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dikutip  Kantor Berita Palestina WAFA dan dipantau Mi’raj News Agency (MINA) Kamis (7/2), mengomentari rencana Obama untuk mengunjungi wilayah Timur Tengah juga mencakup wilayah Palestina pada bulan Maret 2013 mendatang, PLO akan menerima kunjungan Obama jika dia memimpin kebijakan yang lebih seimbang di wilayah tersebut.

“Kami menyambut kunjungan Presiden Obama jika hal itu merupakan sinyal dari janji Amerika untuk menjadi perantara perdamaian yang jujur dan tidak memihak. AS dapat memainkan peran positif dengan melibatkan secara efektif dan konstruktif ketimbang dengan mengulangi kebijakan yang sama dari negosiasi untuk kepentingan mereka sendiri,” tegas Ashrawi.

Ashrawi mengatakan, setiap inisiatif Amerika yang berhasil harus mengarah pada  tindakan mendesak, substantif dan serius yang akan mengakhiri penjajahan Israel.

Pejabat PLO meminta Obama untuk bertindak tegas mengekang Israel atas segala pelanggaran dan tindakan sepihak, khususnya aktivitas pemukiman ilegal dan pencaplokan Al-Quds, serta pengepungan dan kebijakan pembagian wilayah.

Ia juga mengatakan, setiap inisiatif harus menentukan tujuan dan jangka waktu yang mengikat. Hal itu harus terjadi sebelum Israel akhirnya berhasil menghancurkan solusi dua negara dan peluang perdamaian.

“Mempertahankan kekebalan hukum dan rasa pengecualian Israel, sementara menyangkal hak-hak rakyat Palestina atas kedaulatan, kebebasan dan martabat, telah mematikan bagi setiap makna bagi mewujudkan perdamaian yang layak dan adil. Oleh karena itu kami berharap kunjungan ini akan memperbaiki kegagalan masa lalu, menunjukkan kemauan politik yang baru ditemukan, dan mendorong kearah tindakan mendesak, substantif dan serius yang akan membawa penjajahan Israel terhadap Negara Palestina berakhir, ” tambah Ashrawi.(T/P02/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply