SKOTLANDIA DEKLARASIKAN KEMERDEKAAN MARET 2016

Edinburgh, 27 Rabiul Awal 1434/7 Februari 2013 (MINA) – Kemerdekaan Skotlandia akan diumumkan Maret 2016 berdasarkan program Partai Nasional Skotlandia (Scottish National Party/SNP) yang dipimpin pemerintah jika pemilih menyetujui meninggalkan Inggris dalam referendum Oktober 2014, media lokal melaporkan.

Sebuah surat kabar Skotlandia yang dirilis Wakil Menteri Pertama Nicola Sturgeon memberikan jadwal kemerdekaan Skotlandia dengan melihat rinci langkah-langkah yang diperlukan negara untuk dihapus dari aliansi Inggris, seperti dilaporkan Press TV, Rabu.

Publikasi berjudul “Masa Depan Skotlandia” menetapkan rencana konstitusi tertulis harus dibuat oleh parlemen pertama dan publik. “Sebuah suara Ya akan memberikan sipil Skotlandia dan parlemen nasional kita sebuah kesempatan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk membangun panggung konstitusi kokoh bagi negara kita menjelang Hari Kemerdekaan Maret 2016”, kata Sturgeon.

“Proposal kami akan melihat panggung ini diberlakukan segera sebelum pemilihan Parlemen Skotlandia, untuk memberikan pemerintah Skotlandia yang baru terpilih dengan berbagai kekuatan yang dibutuhkan untuk mengembangkan negara,” tambahnya.

Awal pekan lalu, pemerintah Skotlandia telah setuju untuk merevisi pertanyaan referendum yang diusulkan setelah Komisi Pemilihan direkomendasikan dapat diubah menjadi pertanyaan sederhana seperti: “Haruskah Skotlandia menjadi negara yang merdeka”

Perdana Menteri Inggris David Cameron dan Menteri Utama Skotlandia Alex Salmond menandatangani kesepakatan untuk mengadakan referendum pada 2014 mengenai kemerdekaan Skotlandia, yang akan mengakibatkan putus dari Inggris setelah 300 tahun.(T/P06/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply