TOKYO ADAKAN KONFERENSI BANTUAN PALESTINA

Tokyo, 1 Rabiul Akhir 1434/11 Februari 2013 (MINA) – Sejumlah penyandang dijadwalkan bertemu di Tokyo Ahad depan untuk membahas dukungan bagi negara Palestina. Di antara topik yang dibahas pada pertemuan itu adalah bantuan keuangan.

Kantor Berita IINA melaporkan, Jepang dan Palestina ditunjuk sebagai tuan rumah “Konferensi kerjasama antar negara Asia timur untuk perkembangan Palestina,” pada 14 Februari. Negara-negara di Asia, seperti Brunei Darussalam, Thailand, Malaysia, Indonesia, Korea Selatan, Singapura dan Vietnam, diharapkan untuk berpartisipasi. Perdana Menteri Palestina Salam Fayyad dijadwalkan hadir.

Bank Dunia, Bank Pembangunan Islam, PBB, Badan Pengungsi PBB untuk Palestina, dan anggota Liga Arab, menjanjikan dana senilai $ 100 juta (sekitar 970 miliar rupiah)  pada Desember untuk menutupi kesenjangan dana dalam anggaran Palestina. 

Tujuan utama pertemuan, untuk menggalang lebih banyak dukungan bagi Palestina, yang masih belum pulih dari dampak pembekuan transfer pajak Israel sejak November lalu, setelah Palestina berhasil mencapai status negara pengamat di PBB.

Pembekuan ini membuat Palestina dalam kesulitan keuangan yang mengkhawatirkan, berpengaruh pada pembayaran gaji pegawai pemerintah dan berpotensi merusak stabilitas kawasan dan pembangunan. Agenda lain membahas upaya efektif kerjasama mempromosikan stabilitas dan perdamaian di Timur Tengah, kata Departemen Luar Negeri Jepang.

Mereka diharapkan untuk menjanjikan dukungan berkelanjutan terhadap Palestina dalam bantuan hibah, ekonomi dan  lainnya.(T/P05/R2/R1).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply