ABBAS AKAN KUNJUNGI GAZA BERSAMA PM TURKI

Ramallah, 14 Jumadil Awal 1434/25 Maret 2013 (MINA) – Presiden Palestina Mahmud Abbas diyakini akan menyertai Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan untuk mengunjungi Gaza dalam waktu dekat ini.

Mantan Penasehat Politik Senior PM Ismail Haniya,  Ahmed Yousef mengatakan hal ini pada Ahad (24/3). “Saya percaya jika Erdogan datang ke Gaza, ia dapat menemani Presiden Abu Mazen,” kata Yousef kepada Maan yang  dikutip Mi’raj News Agency (MINA).

Hamas telah mengonfirmasi bahwa Erdogan mengatakan kepada Kepala Biro Politik Hamas, Khalid Misyal, Israel telah berjanji mengakhiri pengepungan terhadap rakyat Palestina.

Haniya mengatakan ia memperkirakan Erdogan akan melakukan kunjungan dalam rangka solidaritas untuk masyarakat Gaza dalam waktu dekat ini.

“Kunjungan perdana menteri Turki ke Gaza ini akan menjadi terobosan nyata dalam mengatasi blokade Israel di Gaza,” kata Yousef.

Erdogan kemungkinan akan menjanjikan dukungan keuangan untuk proyek-proyek di Gaza dan kunjungannya bisa mendorong para pemimpin Arab untuk mengunjungi kawasan yang diblokade Israel tersebut.

“Kunjungan Erdogan ini juga diyakini bisa membantu untuk mendorong rekonsiliasi antara Hamas dan Fatah, karena ia akan mengoordinasikan setiap kunjungan dengan pemerintah Palestina,” tambah Yousef.

Seorang analis politik asal Gaza, Shakir Shabat mengatakan dia setuju bahwa setiap kunjungan ke Gaza oleh Erdogan harus melakukan koordinasi dengan pemerintah saja dan akan mewujudkan dukungan Turki untuk rakyat Palestina ketimbang memperkuat faksi-faksi tertentu.

Kunjungan ini akan “menunjukkan kepada dunia bahwa permintaan Turki untuk mengakhiri pengepungan Gaza telah dipenuhi setelah Israel secara resmi meminta maaf,” tambah Shabat.

Turki dan Israel akhirnya berdamai  pada Jumat (21/3) setelah terjadi ketidakharmonisan selama tiga tahun ketika Israel telah meminta maaf atas pembunuhan sembilan warga Turki di atas kapal laut aktivis Gaza pada tahun 2010 lalu. (T/P01/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply