AHMADINEJAD : DIALOG NASIONAL ADALAH SOLUSI LOGIS BAGI SURIAH

Teheran, 22 Rabiul Akhir 1434/4 Maret 2013 (MINA) – Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengatakan dialog nasional adalah solusi  logis untuk krisis Suriah, Press TV melaporkan pada Minggu (3/3) dan dipantau oleh Mi’raj News Agency.

Ahmadinejad membuat pernyataan dalam pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Suriah Walid al-Moallem di Teheran Sabtu (2/3), menyerukan penghentian segera kekerasan dan intervensi asing di negara Arab.

“Mereka yang beralih ke senjata dan kekerasan ketika berbicara demokrasi harus dilucuti,” kata Ahmadinejad.

Dia mendesak pemerintah Suriah dan kelompok oposisi untuk mencapai kesepakatan melalui negosiasi, menggambarkan perundingan sebagai solusi logis untuk krisis Suriah.

Ahmadinejad menyatakan harapan pihak yang terlibat dalam konflik akan segera terlibat dalam dialog, menurut laporan tersebut.

Sementara itu, al-Moallem mengatakan Suriah menghadapi konspirasi internasional dan Israel mengambil keuntungan penuh dari skema ini.

Sementara itu, Sekretaris Tertinggi Iran Dewan Keamanan Nasional Saeed Jalili mengatakan Sabtu (2/3), negara-negara Barat yang mendukung teroris tidak dapat memperkenalkan diri sebagai wakil dari masyarakat internasional.

Dalam pertemuan dengan al-Moallem, Jalili menegaskan dukungan strategis Teheran untuk dialog nasional di Suriah, dan menyatakan sebagian besar negara di dunia mendukung solusi politik untuk mengakhiri krisis Suriah.

Menteri luar negeri Suriah memuji sikap konstruktif Iran terhadap negaranya. “Suriah tidak akan pernah melupakan dukungan dari bangsa Iran dan pemerintah dalam situasi sulit saat ini,” kata al-Moallem. Al-Moallem, yang tiba di Teheran pada hari Sabtu (2/3), juga bertemu Menteri Luar Negeri Iran Ali-Akbar Salehi pada hari sebelumnya dan membahas perkembangan bilateral dan regional terbaru.(T/P011/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Leave a Reply