AKTIVIS PALESTINA PROTES KUNJUNGAN OBAMA

Ramallah, 2 Jumadil Ula 1434/14 Maret 2013 (MINA) – Aktivis Palestina dari kalangan pemuda menyerukan aksi protes atas rencana  kunjungan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama ke Tel Aviv dan Yerusalem, 20-22 Maret mendatang, lapor kantor berita WAFA, Ahad, (10/3) 

Kunjungan Obama dikabarkan dalam rangka memberikan bantuan militer Israel sekitar $3,1 milyar (sekitar 30 triliun rupiah), untuk pembiayaan sistem pertahanan militer ‘iron dome’ dan meningkatkan hubungan bilateral AS-Israel yang telah berlangsung sejak 1949.

Obama katanya berkomitmen menjaga keamanan dan biaya hidup rakyat Israel. 

Aktivis mengkritik kepemimpinan Palestina jika menerima kunjungan Obama di Ramallah, meskipun katanya pejabat Palestina meyakinkan bahwa Yerusalem tetap sebagai ibu kota Palestina.

Menurut aktivis, kunjungan ini bertujuan meringankan tekanan pemerintah Israel yang menderita pengucilan internasional paska peningkatan status Palestina di PBB November tahun lalu.

“Amerika dengan alasan menjaga keamanan Israel, tapi mengorbankan warga Palestina, dengan cara membenarkan pembantaian terhadap warga Palestina di Gaza, penghancuran rumah, dan kebijakan Israel lainnya,” tambah pernyataan tersebut.

Rakyat Palestina menurut pernyataan, tidak akan menerima dan tidak akan menyerah pada tekanan ini. Mereka menyerukan dunia agar memboikot Israel.

Aktivis Palestina menyerukan agar semua warga Palestina untuk tidak menerima kehadiran Obama ke Palestina serta menolak perundingan. (T/P12/R1)

MI’RAJ NEWS AGENCY (MINA)

 

Leave a Reply