ASOSIASI CHINA DAN JEPANG BAHAS KERJASAMA EKONOMI

Beijing, 11 Jumadil Awal 1434/23 Maret 2013 (MINA) – Juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina, memastikan laporan bahwa mantan Penasihat Negara, Tang Jiaxuan baru-baru ini bertemu dengan delegasi bisnis Jepang untuk membahas kerjasama ekonomi, jumat (22/3), seperti dilaporkan Kantor berita Xinhua yang di pantau Mi’raj News Agency (MINA).

Juru bicara KEMLU, Hong Lei mengatakan, pada konferensi pers harian Tang Jiaxuan, yang kini menjadi presiden dari Asosiasi Persahabatan mengatakan China-Jepang, mengadakan pertemuan pada Kamis (21/3), di Beijing dengan delegasi Jepang-China Economic Association, yang berbasis di Tokyo, sektor badan swasta bertanggung jawab untuk mempromosikan kerjasama ekonomi bilateral.

Menurut Hong, Tang isu Kepulauan Diaoyu adalah inti dari kesulitan di saat membangun hubungan China-Jepang. Tang mendesak Jepang untuk jujur menghadapi sejarah dan realitas serta menemukan solusi untuk krisis saat ini melalui dialog dan negosiasi.

“Kerjasama ekonomi dan perdagangan adalah komponen utama dari hubungan China-Jepang,”kata Tang, meminta asosiasi Jepang untuk bekerja lebih lanjut dalam mempromosikan pertukaran ekonomi dan perdagangan serta kerjasama antara kedua negara.

Hong mengatakan, pihak Jepang menyatakan harapan bahwa hubungan bilateral akan kembali ke jalur yang benar untuk memastikan perkembangan yang stabil dan sehat dari hubungan bilateral.

Ratusan perusahaan Jepang, termasuk Toyota Motor Corp, Electric Power Development Co dan Toshiba Corp, baru-baru ini mengangkat inisiatif mempromosikan pembentukan jaringan kerjasama untuk meningkatkan polusi udara di Cina dengan menggabungkan teknologi perusahaan dan keahlian.

Hong mengatakan, pihak China bersedia untuk melakukan kerjasama terkait dengan Jepang.(T/P014/R2)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Leave a Reply