AUSTRALIA DUKUNG JURNALISME INDONESIA

       Jakarta, 5 Jumadil Awal 1434/16 Maret 2013 (MINA) – Australia melalui kedutaannya di Jakarta menyatakan dukungannya bagi kemajuan profesi jurnalis di Indonesia, Jum’at (15/3).

       Melalui rilisnya yang diterima Mi’raj News Agency (MINA), Duta Besar Australia untuk Indonesia, Greg Moriarty mengungkapkan dukungannya terhadap dunia jurnalistik di Indonesia.

       “Media yang profesional dan memiliki etika merupakan bagian penting di dalam demokrasi,” ungkap Duta Besar Australia untuk Indonesia, Greg Moriarty. “Indonesia merupakan negara demokrasi terbesar ketiga di dunia, media yang kuat dan dinamis berperan penting dalam diseminasi informasi ke masyarakat”.

        Moriarty mengungkapkan dukungannya ini dengan diadakannya pelatihan profesi jurnalisme dan uji kompetensi bagi wartawan dari kawasan timur di Indonesia di dalam pelatihan yang bekerja sama antara Pemerintah Australia dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) hari ini di Makassar.

        Lebih dari 50 wartawan akan hadir dalam pelatihan selama dua hari dan uji kompetensi tentang etika dalam media dan jurnalistik. Peserta adalah wartawan dari media online, cetak, televisi dan radio dari Sulawesi, Kalimantan, Maluku, Bali, NTT, NTB dan Papua.

        “Kami bangga dapat mendukung pelatihan media, terutama melihat media di Indonesia yang telah berusaha untuk meningkatkan standar dalam menghadapi tantangan untuk mempertahankan peliputan yang akurat, seimbang dan beretika,” ujar Duta Besar Moriarty. 

        Wartawan Indonesia didorong untuk mengikuti uji kompetensi yang diprakarsai oleh Dewan Pers Indonesia pada 2011, untuk memastikan agar mereka menjadi wartawan yang terpercaya, beretika dan mampu menghasilkan pelaporan yang berkualitas tinggi. Uji kompetensi mencakup tiga tahapan yang berbeda dari karir wartawan, yaitu uji pengetahuan, kesadaran dan ketrampilan.

        Wartawan yang lolos uji kompetensi dengan nilai minimum 70 persen akan dinyatakan kompeten, dan nama mereka akan dipublikasikan secara online.

        Aliansi Jurnalis Independen (AJI) ditunjuk sebagai salah satu dari lima lembaga jurnalis untuk menyelenggarakan uji kompetensi. Lembaga bantuan Pemerintah Australia, AusAID membantu pendanaan pelatihan minggu ini.(T/P01/E1).

Mi’raj News Agency (MINA)

Rate this article!

Leave a Reply