BENTROKAN TERJADI PADA PERSIAPAN PERINGATAN HARI TANAH DI PALESTINA

Hebron, 19 Jumadil Awal 1434/30 Maret 2013 (MINA) – Warga Palestina dan pasukan Israel bentrok di kota Hebron, Tepi Barat pada hari Jumat kemarin, Israel kerahkan bantuan keamanan menjelang peringatan hari tanah.

Pasukan keamanan Palestina di Hebron mengatakan bahwa ratusan orang akan ambil bagian dalam demonstrasi itu, baik di dalam kota dan kemungkinan juga di bagian selatan kota jerusalem.

Israel menutup sebuah jalan yang menghubungkan Hebron dan kamp pengungsi Adz-Dhahiriya, As-Samu, Dura dan al-Fawwar 12 tahun yang lalu.

Seorang remaja Palestina terkena tabung gas air mata dalam bentrokan itu dan puluhan aktivis lokal dan internasional terluka oleh api gas air mata.

Demonstran meneriakkan slogan-slogan memperingati Hari Tanah dan mendukung tahanan Palestina, kata juru bicara aktivis setempat Ratib al-Jabour kepada Ma’an yang dipantau MINA.

Demonstrasi juga terjadi di dekat Bilin dan Nilin. Seorang aktivis internasional berumur 80 tahun terluka di Bilin setelah ditembak tanganya dengan peluru karet, sedangkan pengunjuk rasa lainnya menderita inhalasi gas air mata, kata penduduk setempat.

juru bicara kepolisian Israel Luba Samri mengatakan bahwa keamanan juga telah diperkuat di pos pemeriksaan utama antara Jerusalem timur dan Tepi Barat. Sebelumnya, ribuan bala bantuan polisi dikerahkan di Yerusalem, menurut informasi bahwa semua kelompok Palestina siap untuk terlibat dalam demonstrasi dalam peringatan Hari Tanah tersebut yang jatuh pada hari Sabtu ini, kata juru bicara kepolisian Israel Luba Samri.

Demonstrasi tahunan memperingatii kematian enam pengunjuk rasa Palestina di tangan polisi Israel dan tentara selama protes massal pada tahun 1976 terhadap rencana untuk menyita tanah Arab di Galilea.

Samri mengatakan bahwa keamanan juga telah diperkuat di pos pemeriksaan utama antara Jerusalem timur  dan  Tepi Barat. (T/P015/R2).

Mir’aj News Agency (MINA)

Leave a Reply