BERITA PELUNCURAN ROKET DARI GAZA MASIH SIMPANG SIUR

Gaza City, 10 Jumadil Awal 1434/22 Maret 2013 (MINA) –  Sampai saat ini berita peluncuran roket dari Gaza ke wilayah Sderot, Israel Selatan, saat Obama mengunjungi wilayah tersebut masih simpang siur. Menurut koresponden Mi’raj News Agency (MINA) di Gaza, Muhammad Husein, hingga Kamis malam (21/3) tidak ada pernyataan resmi dari faksi-faksi di Gaza yang menyatakan bertanggung jawab atas peluncuran roket tersebut.

“Pemberitaan masih simpang siur. Hingga kini, tidak ada pernyataan terkait isu peluncuran roket tersebut dari pemerintah Palestina maupun faksi-faksi di Gaza,” ungkap Husein saat dihubungi pada Jum’at dini hari (22/3) waktu Jakarta.

Husein menambahkan bahwa dia akan terus memantau informasi yang benar dan akurat terkait isu peluncuran roket dari Gaza yang mendarat di wilayah selatan Israel itu.

Menurut sumber-sumber media Israel, mereka menuduh Gaza telah meluncurkan roketnya ke wilayah Selatan Israel sebagai respon atas kunjungan Obama. Polisi Israel mengatakan bahwa ada dua roket yang telah diluncurkan ke wilayahnya pada Kamis (21/3).

Juru bicara Polisi Israel di wilayah Sderot, Micky Rosenfeld mengatakan kepada AFP bahwa roket yang jatuh di wilayahnya berasal dari Gaza. “ Tidak ada korban jiwa, namun hal ini kemungkinan terkait dengan kunjungan presiden Amerika Serikat ke Israel.

Obama berkunjung ke Israel pada Rabu (20/3) setelah ia terpilih menjadi presiden Amerika Serikat untuk kedua kalinya. Ini merupakan kunjungan luar negeri pertamanya setelah terpilih pada pemilu Amerika, Januari 2013 lalu. 

Menurut rencana, Obama akan mengunjungi Israel, Tepi Barat dan Jordan selama tiga hari. Tetapi ia tidak berencana mengunjungi Gaza dengan alasan wilayah tersebut masih di kuasai gerakan perlawanan rakyat Palestina, Hamas.

Peristiwa itu terjadi ketika Obama sedang berada di Jerussalem, 80 km dari Sderot, beberapa jam sebelum ia bertolak ke Ramalah untuk melakukan pembicaraan dengan presiden Palestina Mahmoud Abbas.

Sebelumnya Israel juga pernah menuduh Palestina meluncurkan roket ke wilayahnya pada akhir Februari 2013 lalu saat terjadinya genjatan senjata dalam aksi protes kematian seorang tahanan Palestina Arafat Jaradat di penjara Israel.(L/P02/P04/R2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply