AS TAK AKAN MUNDUR HENTIKAN PROGRAM NUKLIR IRAN

Washington, 23 Rabiul Akhir 1434 H /5 Maret 2013 (PressTV/MINA) – Wakil Presiden AS Joe Biden menyatakan pihaknya tidak akan mundur menggunakan opsi militer untuk menghentikan program energi nuklir milik Iran,walaupun,“Kami tidak mencari perang,” katanya selama konferensi tahunan American Israel Public Affairs Committee (AIPAC) di Washington.

 Biden mengatakan bahwa pemerintahnya siap dan bersedia “untuk bernegosiasi dengan damai, tapi semua pilihan – termasuk kekuatan militer – berada di atas meja.”

“Negara-negara besar tidak menggertak dan presiden Amerika Serikat tidak dapat dan tidak menggertak, dan Presiden Barack Obama tidak menggertak,” Biden menambahkan.

Biden juga menegaskan “komitmen yang mendalam” Amerika Serikat untuk keamanan Israel, yang katanya “tidak berubah” dan “tidak akan berubah.”

Wapres AS menambahkan Obama akan menjelaskan “lebih detail” agendanya berkaitan dengan Israel ketika ia mengunjungi Tel Aviv.

AIPAC merupakan salah satu kelompok lobi paling kuat di Washington sekaligus lobi pro-Israel yang paling kuat.

Ancaman AS muncul sekali lagi setelah Iran dan P5 +1 (Inggris, China, Perancis, Rusia, dan Amerika Serikat ditambah Jerman) menyelesaikan pembicaraan terbaru mereka di Almaty, Kazakhstan, tanggal 27 Februari. Kedua belah pihak telah mengadakan beberapa pertemuan terutama atas program energi nuklir Teheran.

AS, Israel dan sekutu mereka menuduh Teheran berniat untuk menggunakan nuklirnya untuk memproduksi bom atom. Namun,Teheran menegaskan program nuklirnya untuk misi perdamaian. Iran telah memperingatkan bahwa hal itu tidak membuat perbedaan antara kepentingan AS dan Israel dan akan membalas terhadap kedua negara tsb. jika diserang. (T/P05)

Leave a Reply