BRAHIMI INFORMASIKAN KRISIS SURIAH KE MENLU UNI EROPA

BrahimiBrussels, 26 Rabiul Akhir 1434/8 Maret 2013 (MINA) – PBB dan Utusan Khusus Liga Arab untuk Suriah, Lakhdar Brahimi, akan memberi pengarahan kepada Menteri Luar Negeri Uni Eropa tentang situasi Suriah di Brussels pada Senin (11/3), seorang pejabat senior Uni Eropa mengatakan kepada wartawan hari ini (8/3).

Brahimi akan menginformasikan kepada para menteri tentang upaya untuk solusi politik dan atas prakarsa pemimpin oposisi Mouaz al-Khatib untuk bernegosiasi dengan perwakilan rezim di dalam negara merdeka di Suriah utara.

Salah seorang pejabat menekankan semua negara anggota Uni Eropa mendukung solusi politik dan diplomatik untuk mengakhiri krisis Suriah, kuwait News Agency melaporkan.

Masalah pengungsi Suriah juga akan dibahas dalam pertemuan resmi Dewan Urusan Luar Negeri Uni Eropa, Senin (11/3).

“Peningkatan arus masuk pengungsi Suriah ke negara-negara tetangga seperti Libanon, Yordania, Irak, Mesir dan Turki memiliki hubungan dengan ekonomi dan stabilitas negara, “katanya.

 Beberapa negara anggota Uni Eropa menyerukan peninjauan sanksi terhadap Suriah karena mereka meningkatkan penderitaan penduduk di dalam negeri.

Para menteri mungkin melihat ke pengurangan embargo minyak pada Suriah untuk meringankan penderitaan penduduk.

Pada Februari, Uni Eropa memutuskan untuk memperpanjang sanksi terhadap rezim Suriah Bashar Al Assad selama tiga bulan dan mengubah embargo senjata Uni Eropa sehingga memungkinkan untuk penyediaan peralatan non-mematikan dan bantuan teknis kepada pasukan oposisi.

Kemungkinan untuk melatih pejuang oposisi Suriah ada, tetapi posisi ini sama sekali tidak dimiliki oleh semua negara anggota Uni Eropa. Para menteri Uni Eropa juga akan bertukar pandangan mengenai situasi di Irak, termasuk dampak dari konflik di Suriah.

Mereka akan membahas perkembangan politik di Mesir, Libya dan Tunisia dan hubungan dengan Rusia dan Jepang. Dewan diharapkan untuk mengadopsi kesimpulan pada Pakistan menjelang pemilihan umum pada bulan Mei.

Sebelumnya, Juru bicara Presiden Vladimir Putin Dmitry Peskov mengatakan pada Rabu (6/3), Moskow saat ini sedang mempelajari usulan Perancis tentang kemungkinan transisi Suriah, tanpa mengungkapkan rinciannya.(T/P011)

Mi’raj News Agency (MINA) 

Leave a Reply