DK PBB MINTA LEBANON TIDAK TERLIBAT KONFLIK SURIAH

Duta Besar Rusia Vitaly Churkin Washington, 7 Jumadil Awal 1434/ 19 Maret 2013 (MINA) – Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) pada Kamis (14/3) meminta Lebanon untuk menahan diri dari keterlibatan dengan konflik di negara tetangganya, Suriah.

Duta Besar Rusia Vitaly Churkin yang memegang jabatan presiden bergilir DK PBB  bulan ini, dalam pernyataan pers mengatakan, anggota Dewan mendesak semua pihak untuk melakukan segala upaya untuk menghentikan konflik di Suriah.

DK PBB juga menyatakan keprihatinannya atas insiden kebakaran di lintas perbatasan Lebanon yang menyebabkan korban tewas dan luka-luka warga setempat.

“Dewan juga merasa prihatin atas serangan penculikan dan perdagangan senjata di perbatasan Lebanon-Suriah dan pelanggaran perbatasan lainnya,” tambah Churkin.

Pernyataan itu menyusul pertemuan tertutup anggota DK PBB setelah mendapat penjelasan dari Koordinator Khusus PBB untuk Lebanon, Derek Plumbly, pada laporan resolusi 1701.

Resolusi yang mengakhiri perang 2006 antara Israel dan kelompok Hizbullah Lebanon itu, meminta untuk menghormati resolusi, melucuti semua milisi di Lebanon, dan mengakhiri penyelundupan senjata.

Menurut pemantauan selama ini sebagian besar resolusi telah dihormati sejak perang berakhir, serta mengalami kemajuan menuju pertimbangan gencatan senjata permanen.

Anggota DK juga menyatakan keprihatinan yang mendalam mereka pada dampak dari krisis Suriah, yang kini memasuki tahun ketiga, pada stabilitas Lebanon.

“DK mengimbau seluruh masyarakat Lebanon untuk mempertahankan persatuan nasional dalam menghadapi upaya merusak stabilitas negara serta untuk menahan diri dari keterlibatan dalam konflik Suriah,” kata pernyataan tersebut.

Lebanon tercatat menampung lebih dari 360.000 pengungsi yang melarikan diri dari kekerasan di Suriah.

DK memuji upaya Lebanon dalam membantu para pengungsi, dan meminta masyarakat internasional untuk menindaklanjuti janji bantuan kemanusiaan yang dibuat pada konferensi donor di Kuwait Januari lalu.

Berbicara kepada wartawan setelah pertemuan, Plumbly mencatat isu adanya unsur dari Lebanon yang mungkin terlibat di Suriah akan dibahas dalam laporan terbaru. Namun, ia menambahkan, bahwa isu itu terjadi di daerah di mana PBB tidak memiliki informasi independen. (T/P011/R1).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply