EMPAT PERWIRA RI TERIMA PENGHARGAAN KEAMANAN TIMOR LESTE

Jakarta, 16 Jumadil Awal 1434/28 Maret 2013 (MINA) – Empat perwira Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polisi Republik Indonesia (Polri) menerima medali penghargaan tertinggi bidang keamanan “Mérito de Segurança Pública” dari Pemerintah Republik Demokrasi Timor-Leste (RDTL), Rabu (27/3), Dili.

Situs kemlu.go.id menyebutkan keempatnya adalah Komandan Korem 161 / Wirasakti Nusa Tenggara Timur (NTT) Brigjen TNI Ferdinand Setiawan, Kapolda NTT Brigjen Polisi Ricky H.P. Sitohang, Atase Pertahanan KBRI Dili Brigjen TNI Wahyu Agung Prayitno dan Mantan Komandan Satgas Perbatasan RI-RDTL (saat ini menjabat sebagai Komandan Yonif 312 / Kala Hitam) Mayor Inf. Hengki Yudha Setiawan.

Sumber KBRI Dili melaporkan  penyematan Bintang Kehormatan tersebut dilakukan oleh Perdana Menteri Kay Rala Xanana Gusmao dan Panglima Angkatan Bersenjata RDTL Mayjen Lere Anan Timur pada acara peringatan HUT Polisi Nasional Timor-Leste (PNTL) ke-13.

Penganugerahan Medali Penghargaan kepada para Perwira TNI dan Polri tersebut merupakan bentuk penghargaan atas kerjasama RI dan Timor-Leste. Baik yang terselenggara dengan satuan-satuan pengamanan perbatasan Timor-Leste dan kerjasama antar Angkatan Bersenjata kedua negara khususnya. Penghargaan tersebut juga wujud semakin meningkatnya hubungan bilateral antara Indonesia dan Timor-Leste di berbagai bidang.
 
Peringatan HUT PNTL ke-13 tersebut dihadiri oleh Presiden RDTL Taur Matan Ruak, Ketua Parlemen Nasional TL Mr. Vicente Guterres, Ketua Hakim Pengadilan Tinggi Mr. Claudio D.J. Ximenes, Anggota Kabinet AMP-V, korps diplomatik, kalangan akademisi dan media massa.

Timor Leste dulu Timor Timur

Republik Demokratik Timor Leste (juga disebut Timor Lorosa’e), yang sebelum merdeka bernama Timor Timur, adalah sebuah negara kecil di sebelah utara Australia dan bagian timur pulau Timor. Selain itu wilayah negara ini juga meliputi pulau Kambing atau Atauro, Jaco, dan enklave Oecussi-Ambeno di Timor Barat.

Timor Leste dulu adalah salah satu provinsi di Indonesia, Timor Leste secara resmi merdeka pada tanggal 20 Mei 2002. Sebelumnya bernama Provinsi Timor Timur, ketika menjadi anggota PBB, mereka memutuskan untuk memakai nama Portugis “Timor Leste” sebagai nama resmi negara mereka.

Angkatan Bersenjata Timor Leste adalah FALINTIL-FDTL (F-FDTL), sedangkan angkatan kepolisiannya adalah PNTL (Polícia Nacional Timor-Leste). (T/P09/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply