ERDOGAN SEGERA KUNJUNGI PALESTINA

Ankara, 13 Jumadil Awal/24 Maret 2013 (MINA) – Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan telah mengumumkan bahwa ia akan segera berkunjung ke wilayah Palestina.

“Ada kemungkinan bahwa saya akan mengunjungi Gaza dan Tepi Barat pada bulan ini atau bulan depan” kantor berita Turki Anatolia melaporkan. Perdana menteri Turki lebih lanjut mengatakan, “… semua itu tentu saja akan membantu mengangkat embargo Israel di tanah Palestina, ujarnya.”

Taher al-Nunu, juru bicara Perdana Menteri Ismail Haniyeh juga menegaskan laporan tersebut, ia mengatakan Erdogan akan segera berkunjung ke Jalur Gaza yang diblokade untuk bertemu dengan Perdana Menteri Hamas Ismail Haniyeh.

Nunu lebih lanjut menambahkan bahwa Perdana Menteri Turki juga memberitahu Ketua Biro Politik Hamas Khaled Meshaal, mengenai kunjungannya ke daerah kantong pantai.

Menurut PressTV, Erdogan mengumumkan berita kunjungannya sehari setelah rezim Tel Aviv mengeluarkan permintaan maaf kepada Turki atas kematian sembilan orang Turki dalam serangan terhadap armada Mavi Marmara ke Gaza hampir tiga tahun lalu.

Militer Israel menyerang armada Kebebasan di perairan internasional di Laut Mediterania pada 31 Mei 2010, menewaskan sembilan warga Turki di atas kapal berbendera Turki Mavi Marmara dan melukai sekitar 50 aktivis lainnya yang merupakan bagian dari tim terhadap konvoi enam kapal.

Pada hari Jumat, Netanyahu mengatakan ia telah meminta maaf atas nama rezim Tel Aviv untuk serangan fatal selama panggilan telepon dengan Erdogan. Setelah permintaan maaf tersebut diterima, pada hari Jumat Erdogan dan Netanyahu sepakat untuk mengirim kembali duta besar. (T/P05/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Rate this article!

Leave a Reply