MENLU TURKI BERTEMU KOMISARIS UNHCR BAHAS BANTUAN SURIAH

Ankara, 29 Rabiul Akhir 1434/10 Maret 2013 (MINA) – Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davutoglu membahas bantuan kemanusiaan yang akan dikirim untuk Suriah. Antonio Guterres, Komisaris Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Pengungsi mengatakan pada pidato yang disampaikan di Jenewa bulan lalu.

Davutuglu menggarisbawahi upaya Turki untuk Suriah, percepatan proses solusi politik di Suriah dan ia juga menekankan bahwa kejahatan perang harus dihukum.

Guterres berterima kasih kepada Turki atas upaya yang telah dilakukan untuk Suriah, lebih lanjut dia mengatakan bahwa mereka akan membantu dengan bantuan kemanusiaan sebanyak yang mereka bisa.

“Kami memiliki kontak dengan oposisi dan rezim Suriah,” Guterres menambahkan “Solusi Real akan mungkin jika proses transisi politik dilakukan.”

Utusan perdamaian PBB-Liga Arab untuk Suriah Lakhdar Brahimi, pada Senin (11/3) akan memberi pengarahan kepada Menteri Luar Negeri Uni Eropa tentang situasi Suriah di Brussels.

Brahimi akan menginformasikan kepada para menteri tentang upaya untuk solusi politik dan atas prakarsa pemimpin oposisi Mouaz al-Khatib untuk bernegosiasi dengan perwakilan rezim di dalam negara merdeka di Suriah utara.

Masalah pengungsi Suriah juga akan dibahas dalam pertemuan resmi Dewan Urusan Luar Negeri Uni Eropa.

“Peningkatan arus masuk pengungsi Suriah ke negara-negara tetangga seperti Libanon, Yordania, Irak, Mesir dan Turki memiliki hubungan dengan ekonomi dan stabilitas negara,“ katanya.

Menurut pantauan Mi’raj News Agency, lebih dari 70.000 warga Suriah telah tewas dalam konflik sengit yang berlangsung hampir dua tahun yang lalu. Sekitar 860.000 lainnya telah melarikan diri ke luar negeri dan beberapa juta pengungsi di dalam negeri membutuhkan bantuan kemanusiaan. (T/P08/R2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply