MENTAL TENTARA AUSTRALIA DI AFGHANISTAN TERGANGGU

Sydney, 16 Jumadil Awal 1434/27 Maret 2013(MINA) – Mantan komandan pasukan Australia di Afghanistan memperingatkan, akan terjadi peningkatan kasus gangguan psikologis bagi tentara Australia pasca ditarik dari Afghanistan. 

Lebih dari satu dasawarsa terlibat dalam tugas militer, Australia mulai mengurangi tentaranya di Afghanistan. Keterlibatan Australia di Afghanistan sudah berjalan 12 tahun dan menewaskan 39 tentara Australia dan ratusan lainnya luka-luka.

Mayjen Cantwell mengatakan, para petinggi departemen pertahanan akan menghadapi melonjaknya stress dan trauma tentara Australia setelah ditarik dari Afghanistan.

“Australia sekarang punya tanggungjawab besar untuk membantu tentara yang kembali dari Afghanistan”, Cantwell mengatakan pada sebuah acara televisi ABC, seperti dipantau oleh MINA(27/3). 

“Orang-orang yang telah kita tugaskan di Afghanistan, sebagian menderita luka fisik dan juga luka emosional, dan lebih banyak jumlahnya,” imbuhnya.

Dilansir Press TV, Menteri Pertahanan Australia Stephen Smith mengatakan Australia berencana untuk menutup pangkalan utama militer di Afghanistan dan menarik sebagian besar pasukannya dari Afghanistan itu pada akhir tahun ini.

“Sebagian besar pasukan Australia akan pulang dari Afghanistan” setelah penutupan pangkalan Tarin Kot di provinsi Uruzgan, kata Smith.

Dia menambahkan bahwa setidaknya 1.000 tentara akan kembali ke Australia dan sisanya akan berbasis di Kabul atau Kandahar. Perang Afghanistan adalah “sesuatu hal yang termudah di dunia untuk bisa kesana, akan tetapi suatu hal yang tersulit di dunia untuk bisa keluar,” tegas Smith.

Australia memiliki sekitar 1.500 tentara di negara itu. Sejak awal invasi pimpinan Amerika di Afghanistan pada tahun 2001, setidaknya 39 tentara Australia telah tewas dan sekitar 250 lainnya terluka.

Pasukan asing dijadwalkan untuk menarik diri dari Afghanistan pada akhir 2014 dan akan menyerahkan tanggung jawab keamanan kepada pemerintah Afghanistan (T/P015/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply