MUSLIM SKOTLANDIA SAMBUT SEKOLAH ISLAM PERTAMA

Glasgow-Skotlandia, 20 Jumadil Awal 1434/1 April 2013 – Mengisi kekuatan penting dalam proses pendidikan, sebuah komunitas Muslim di kota terbesar Skotlandia, Glasgow, tengah menyambut pembukaan sekolah Islam pertama mereka.

“Kami pikir ini adalah hal yang sangat positif dan kami berharap ini akan menjadi pusat belajar yang sangat sukses,” kata seorang juru bicara Asosiasi Pendidikan Masyarakat Glasgow (Glasgow Community Education Association/GCEA), Ahad (31/3).

Umat Muslim Skotlandia berencana membangun sekolah Islam pertama di Glasgow dengan sumbangan dari orang tua, pengusaha, dan anggota masyarakat.

GCEA mewujudkan mimpi tersebut dengan membawa Abbotsford House, sebuah sekolah negeri yang terdaftar di wilayah Gorbals, Glasgow dengan pembelian sekitar 400.000 poundsterling (enam miliar rupiah).

“Kami mengkonfirmasi bahwa bangunan telah dibeli, dan kami sekarang fokus untuk mendapatkan proyek yang bergerak maju,” kata juru bicara GCEA yang dikutip OnIslam yang di pantau Mi’raj News Agency (MINA).

Ia menambahkan, akan mendukung sekolah-sekolah keagamaan di Skotlandia dan selalu berkontribusi untuk membuat sektor swasta dan publik di bidang pendidikan di negara itu.

Sekolah baru itu direncanakan diberi nama ‘Institut Islam’ dengan menawarkan pendidikan menengah swasta untuk anak laki-laki dan perempuan.

Website resmi GCEA membuka donasi untuk membantu mendanai sekolah itu.

Penggalangan dana dengan acara makan malam bersama digelar pekan lalu untuk mengumpulkan dana pembangunan sekolah. Rencananya, bazar khusus wanita akan diselenggarakan di Govanhill pada Senin ini, dikutip oleh Onislam.net yang dipantau oleh Mi’raj News Agency (MINA).

“Manfaatkan kesempatan besar ini untuk dapat memberikan Shadaqah Jaariyah (Charity Perpetual) sebelum terlambat. Ini akan menjadi sekolah menengah Islam pertama yang sukses di Skotlandia!” kata GCEA pada akun media sosial Facebbooknya.

Kepentingan

Namun, beberapa Muslim Skotlandia telah menimbulkan kekhawatiran tentang hambatan atas proyek sekolah Islam.

“Mereka seharusnya memastikan bahwa semua sistem berada di tempat sebelum mereka membeli gedung, tapi mereka sudah bertindak terlalu jauh,” kata anggota komunitas Muslim di Glasgow.

Dia mengatakan, masalah dengan pendirian sekolah sebelumnya adalah orang yang terlibat tidak memiliki pengalaman, mereka tidak pernah menjalankan sekolah sebelumnya. Mereka semua pengusaha.

Sebelumnya, usaha-usaha untuk mendirikan sekolah menengah Islam di Skotlandia telah gagal.

Sekolah Akademi Iqra di Glasgow dan Sekolah untuk anak perempuan Imam Muhammad Zakaria di Dundee ditutup setelah menerima laporan pemeriksaan yang negatif.

Tapi baru-baru ini, Akademi Qalam dibentuk di Pollokshields Glasgow dan sebuah Lembaga Pendidikan Islam Independen yang menyediakan pendidikan dasar Islam.

Anggota parlemen Glasgow Hanzala Malik mengatakan keberhasilan sekolah akan tergantung pada organisasi di belakangnya.

“Selalu ada kesempatan untuk perbaikan dalam hal pendidikan dan dalam hal sekolah-sekolah agama, ada banyak di seluruh dunia,” katanya.

Malik mengatakan, di sekolah-sekolah Katolik, misalnya, orang cenderung merasa bahwa tingkat pendidikan yang sedikit lebih baik karena tingkat disiplin yang baik.

Dia menambahkan, masalah yang paling penting di sini adalah bukan pada sekolah agama atau sekolah sekuler, tetapi pada murid yang pergi ke sekolah akan mendapatkan keuntungan apa dari pembelajaran itu.

sementara itu, sudah ada beberapa sekolah menengah Islam di Inggris. Diantaranya termasuk Sekolah Tinggi Islam Darul Ulum di Birmingham yang dijuluki “Eton Islam”.

Skotlandia adalah rumah bagi lebih dari 500.000 Muslim, naik kurang dari satu persen dari populasi penduduk di sana. Muslim adalah kelompok agama terbesar kedua di negara itu dimana terdapat tiga puluh masjid. (T/P08/P02)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

 

 

 

Leave a Reply