GUBERNUR MEKKAH BUKA FORUM EKONOMI JEDDAH KE-13

Jeddah, 7 Jumadil Awwal 1434/ 19 Maret 2013 (MINA) – Gubernur Makkah Pangeran Khaled Al -Faisal pada Sabtu (16/3) membuka Forum Ekonomi Jeddah (Jeddah Economic Forum/JEF) ke-13 yang diikuti hampir 3.000 delegasi dan 42 pembicara dari seluruh dunia.

Dalam sambutannya, Pangeran Khaled menekankan pentingnya peran sektor swasta dalam memecahkan masalah perumahan di negara itu.

“Kita hidup dalam era keemasan pembangunan dan konstruksi,” kata gubernur .

Dia menekankan Saudi memutuskan untuk mengubah impian mereka menjadi kenyataan.

Saleh Kamel, presiden JCCI (Jeddah Chamber of Commerce and Industry) mengatakan, saat ini warga setempat yang mencari rumah mencapai 90 persen.

“Penting memperkenalkan skema angsuran yang mudah untuk membantu warga membeli rumah,” ujarnya.

Kamel menyebutkan perumahan sebagai masalah global. Mengingat populasi penduduk berkembang dari tahun ke tahun, dan ini dapat menambah masalah,” kata Kamel.

Karenanya, menurut gubernur pemerintah harus mempelajari apakah masalah tercipta karena kurangnya perencanaan atau pemanfaatan sumber daya yang tidak tepat.

Pertemuan yang berlangsung selama tiga hari mengagendakan fokus utama pada masalah perumahan, menyusul serangkaian lokakarya pembahasan berbagai isu yang dihadapi negara,” kata Kamel yang dikutip harian Okaz Arabic.

Dia menekankan, adanya kecenderungan semakin banyak warga di seluruh dunia berpindah ke kota-kota. Sebuah penelitian menyebutkan, sekitar 70 persen warga akan tinggal di kota pada tahun 2050.

“Untuk itu, langkah pemerintah membangun 500.000 rumah warga akan memainkan peran besar dalam memecahkan masalah perumahan negara,” kata Kamel.

Sesi hari ketiga Forum Ekonomi Jeddah fokus pada konsep dasar perumahan permanen, mulai dari tantangan perumahan terjangkau, peran pemerintah dalam memberikan pengadaan rumah, pondasi yang kuat bagi keterlibatan sektor swasta, dan memungkinkan inovasi swasta dalam pembiayaan perumahan.

Kamel mengatakan melalui forum tersebut dapat berhasil, sehingga dapat meningkatkan perekonomian kerajaan. 

Menteri Perdagangan dan Industri Tawfiq Al-Rabiah, Menteri Ekonomi dan Perencanaan Muhammad Al-Jasser, Menteri Perumahan Shuwaish Al-Duwaihi dan Gubernur Fahd Al-Mubarak dijadwalkan tampil sebagai pembahas pada forum.

Pembicara lainnya adalah Kamel, Wakil Perdana Menteri Turki Ali Babacan, Menteri Pembaruan Industri Perancis Arnaud Montebourg, Menteri Perdagangan dan Industri Singapura Lee Yi Shyan, dan Menteri Perumahan dan Perencanaan Irlandia Jan O’Sullivan.

Sesi pertama forum terfokus pada landasan ekonomi kota yang kompetitif, dilanjutkan sesi keduatentang kota sebagai lingkungan yang menarik.

Sejak pembentukannya pada tahun 2000, JEF telah menerima 24.000 delegasi dari 60 negara di seluruh dunia dan 600 pembicara dari 40 negara termasuk 23 kepala negara.

Presiden JCCI melalui forum sejenis ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada pengusaha dan warga di kota, meningkatkan iklim investasi dan memperkuat kemitraan antara sektor swasta dan publik. (T/P011/R1/E1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply