PALANG MERAH INTERNASIONAL KIRIM DELEGASI KE PENJARA GUANTANAMO

Teluk Guantanamo-Kuba, 17 Jumadil Awal 1434/28 Maret 2013 (MINA) Komite Palang Merah Internasional (International Committee of the Red Cross/ICRC) mengirimkan delegasi termasuk dokter dan staf medis ke kamp penjara AS di Teluk Guantanamo-Kuba, satu pekan lebih awal dari jadwal yang direncanakan.

Langkah ini dilakukan karena ICRC khawatir atas aksi mogok makan para tahanan di penjara Guantanamo semakin meluas. Semula, ICRC akan mengirim tim untuk melakukan kunjungan setiap dua pekan sekali yang dimulai pada 1 April mendatang.

Menurut pernyataan juru bicara ICRC, Simon Schorno, Selasa (26/3), sekitar 12 perwakilan ICRC termasuk dokter dikirimkan ke penjara terkenal AS Guantanamo itu untuk memeriksa kondisi para tahanan.

Aksi mogok makan oleh tahanan di fasilitas tahanan di penjara Guantanamo telah memasuki hari ke-50.

Seorang tentara AS mengatakan, seperti dikutip Press TV yang dipantau Mi’raj News Agency (MINA), sekitar 31 tahanan di penjara Guantanamo menggelar aksi mogok makan.

“Tiga tahanan Guantanamo telah dirawat di rumah sakit untuk mendapatkan perawatan karena kekurangan cairan (dehidrasi) sementara 11 tahanan dipaksa makan untuk mencegah kekhawatiran situasi yang berbahaya atas penurunan berat badan yang dialami para tahanan mogok makan,” kata Juru bicara penjara Guantanamo, Kapten Robert Duran.

Aksi mogok makan tahanan Guantanamo dimulai sejak 6 Febuari 2013 lalu, setelah  staf Gitmo dilaporkan telah menyita barang-barang pribadi milik para tahanan Guantanamo, termasuk surat-surat, foto, dan mushaf Al-Quran dari sel mereka.

Amerika Serikat telah menahan sekitar 166 orang dalam penjara Guantanamo. Sebagian besar tahanan telah berada di Guantanamo tanpa tuduhan jelas selama 11 tahun sejak terjadinya serangan 11 September 2001. (T/P012)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Leave a Reply