INDONESIA DAN CHINA KERJASAMA BIDANG PENDIDIKAN

Beijing, 17 Jumadil Awal 1434/28 Maret 2013 (MINA) – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Beijing menjalin hubungan kerjasama dengan anggota ASEAN–China Center dan SEAMOLEC, menyelenggarakan workshop partnership Indonesia China.

Workshop menjadi jembatan antar perguruan tinggi vokasi Indonesia dan China dalam bidang pertukaran tenaga akademik, saling bertukar pengalaman dan kurikulum, riset bersama serta pertukaran mahasiswa Indonesia dan China.  

Sekretaris Jenderal Kemdikbud, Ainun Na’im telah membuka Workshop partnership, Na’im mengatakan Indonesia saat ini sedang giat mendirikan akademi komunitas bagi dunia pendidikan vokasi.

Ia menambahkan “Pendirian Akademi komunitas di seluruh Indonesia dapat mempersempit di masyarakat dengan menyediakan pendidikan bagi masyarakat di daerah terpencil, melalui peran masyarakat,”ujarnya.

Melalui kerjasama antar indonesia dan China tersebut, diharapkan dapat memperluas kesempatan bagi generasi Indonesia untuk mengembangkan diri ke dunia internasional, sebagai bagian dari persiapan dalam menyongsong era pasar bebas ASEAN, katanya.

Pembukaan workshop Partnership atas kerjasama Indonesia dan China yang dihadiri oleh wakli kepala kedutaan besar China di Jakarta, Duta besar Ri di Beijing, Imron Cotan, Yubian Education Officer ASEAN-China Center Beijing.

Delegasi China berjumlah 22 orang yang terdiri dari para pimpinan universitas, sekitar 12 universitas vokasi bertemu dengan pimpinan 42 universitas vokasi indonesia dan 16 kepala SMK seluruh Indonesia.

Hasil dari diskusi diperoleh kesepakatan untuk menjalin kerjasama yang lebih erat dalam bentuk saling kunjung, penyediaan beasiswa dan sharing pembiayaan bagi mahasiswa program sandwich serta saling berbagi pengalaman dalam pengelolaan program studi sejenis.

Acara pembukaan workshop Partnership diakhiri dengan penandatanganan nota kesepahaman antara peserta workshop. Dalam kesempatan ini telah ditanda tangani sebanyak 125 kesepakatan diantara para peserta workshop.

Penandatanganan disaksikan oleh Gatot Hari Priowijanto Direktur SEAMOLEC, Atase Pendidikan KBRI Beijing, Chaerun Anwar dan Education Officer ASEAN-China Center,Shen Yubian. (T/P012/R2).

MIRAJ NEWS AGENCY (MINA)

 

 

Leave a Reply