INDONESIA PROMOSIKAN PELUANG BISNIS KE MITRA LUAR NEGERI

Jakarta, 17 Jumadil Awal 1434/29 Maret 2013 (MINA) – Wakil Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Wardana, dalam pembukaan acara Updates from the CEOs (UFC) mempromosikan peluang bisnis ke mitra luar negeri yang hadir, meliputi para duta besar negara sahabat, komunitas diplomatik dan para pengusaha internasional, Kamis (28/3), Jakarta.

Dalam acara bertema ‘Strengthening Business Partnership For the Greater Cooperation’ di Kemlu tersebut, Wardana menyampaikan sebagai negara kaya sumber daya alam, Indonesia tak cukup berpuas diri dengan mengekspor bahan baku. Indonesia harus terus manfaatkan peningkatan pesat dalam bidang investasi, konsumsi dan kegiatan industri. 

“Pertumbuhan ekonomi Indonesia terbukti terus menguat,”  tegas Wardana yang dikutip MINA dari situs Kemlu. “UFC ini perlu terus dipelihara sebagai forum mempromosikan peluang bisnis untuk meningkatkan kerjasama dengan mitra luar negeri.”

Sejumlah perusahaan yang telah memiliki track record internasional dalam catatan prestasi perkembangan bidang dan sektor usahanya diundang dalam acara tersebut. Perusahaan-perusahaan tersebut di antaranya PT.Pertamina, PT.Krakatau Steel, PT. Sri Rejeki Isman, PT. Wijaya Karya/Wika dan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI).

Masing-masing perusahaan mendapat kesempatan untuk menjelaskan profil dan peluang bisnis mereka kepada komunitas diplomatik yang hadir dalam UFC. Mereka juga menjelaskan kapasitas ekspor, dukungan infrastruktur dan sumber daya, kualitas produk (sertifikasi internasional), pelanggan, dan sejumlah keunggulan lainnya yang dimiliki masing-masing.

Di samping itu, para diplomat asing dan tamu undangan lainnya diberi kesempatan untuk mengunjungi “mini booth” dari masing-masing perusahaan dan asosiasi guna mendapatkan informasi yang lebih detail mengenai produk dan jasa unggulan yang ditawarkan.

Chief Executive Officers (CEOs) adalah kumpulan perusahaan terkemuka berskala internasional. Organisasi ini juga mencakup pemimpin eksekutif dengan posisi sesuai dengan CEO (Managing Director), dan setiap jabatan Ketua atau Presiden perusahaan, dan sebagainya.

Acara UFC dihadiri oleh Wamenlu RI Wardana, Wakil Ketua KADIN Didie Soewondho, Dirjen Informasi dan Diplomasi Publik Kemlu RI, para Duta Besar negara sahabat, perwakilan organisasi internasional di Jakarta, pejabat Kementerian dan institusi terkait, serta perwakilan pemerintah daerah. (T/P09/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply