INGGRIS SAMBUT PERDAGANGAN BEBAS MAROKO DAN UNI EROPA

London, 22 Rabiul Akhir 1434/4 Maret 2013 (MINA) – Inggris menyambut baik peluncuran perjanjian perdagangan bebas yang mendalam dan komprehensif antara Maroko dan Uni Eropa (UE), MarocPress melaporkan Ahad (3/3) dari London.

“Saya menyambut diluncurkannya perundingan antara Uni Eropa dan Maroko untuk Perjanjian Perdagangan Bebas yang mendalam dan komprehensif,” kata Menteri Luar Negeri Inggris, William Hague.

“Saya mendorong para juru runding untuk mencapai kesepakatan dengan cepat sehingga masyarakat Maroko dan Eropa dapat mulai merasakan manfaat,” kata kepala diplomasi Inggris itu.

Menurut Hague, Uni Eropa adalah mitra dagang terbesar Maroko dengan total perdagangan sebesar € 24 milyar pada 2011, termasuk lebih dari € 1 miliar dengan Inggris.

Menurut pejabat Inggris, perjanjian tersebut akan meningkatkan hubungan perdagangan ke tingkat yang baru, membawa integrasi ekonomi lebih dekat antara Maroko dan pasar tunggal Uni Eropa.

Ini akan melihat lebih dekat keselarasan aturan Maroko, regulasi dan kelembagaannya dengan pelaku pasar tunggal Uni Eropa, sehingga barang dan jasa dapat diperdagangkan secara bebas.

“Negosiasi awal perjanjian perdagangan bebas yang mendalam dan komprehensif dengan Maroko sejalan erat dengan visi kami untuk kemitraan G8. Hal itu bisa menjadi salah satu langkah paling penting ke depan untuk hubungan ekonomi Uni Eropa dengan Mediterania selatan,” katanya menambahkan.(T/P09/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply