IRAN BAHAS HUBUNGAN EKONOMI DENGAN CHINA

Beijing, 22 Rabiul Akhir 1434/4 Februari 2013 (MINA) – Duta Besar Iran Mehdi Safari ke China untuk bertemu dengan warga Iran di provinsi Guangdong memebahas tentang perluasan hubungan ekonomi antara Iran dan Cina.

“Pedagang Iran harus melakukan yang terbaik untuk meningkatkan pertukaran perdagangan dengan China khususnya di bidang ekspor,” kata Safari.

Aktivis ekonomi Iran di China berunding masalah mereka dengan mengirim utusan dalam pertemuan itu.

Konsul Jenderal Republik Islam Iran di Guangzhou, Alireza Salarian melaporkan kegiatan kantornya dalam memfasilitasi pertukaran perdagangan antara kedua negara dalam sebuah upacara yang diadakan untuk merayakan pembukaan gedung baru konsulat Iran di sana.

Cina seperti Rusia yang secara konsisten menentang tekanan AS terhadap Iran dan sanksi ekonomi negara-negara Barat yang dikenakan pada sektor keuangan Iran dan produk minyak bumi, lapor IRNA yang dipantau oleh Mi’raj News agency (MINA).

Cina telah menolak mematuhi permintaan AS untuk mengurangi impor minyak dari Iran dan sebagai gantinya meningkatkan perdagangan dengan negara itu. Perdagangan antara Iran dan China pada tahun lalu diperkirakan sebesar 45 miliar dolar.(T/P08/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply