IRAN DESAK PBB HENTIKAN AGRESI ISRAEL DI PALESTINA

Teheran, 20 Jumadil Awal 1434/31 Maret 2013 (MINA) – Wakil tetap Iran untuk PBB Mohammad Khazayee membuat pernyataan dalam pertemuan terpisah dengan Sekjen PBB Ban Ki-moon dan Presiden Dewan Keamanan PBB Vitaly Churkin, meminta untuk mengambil tindakan serius menghentikan agresi Israel terhadap rakyat Palestina di Jalur Gaza, Jum’at (29/3).

“Ban dan Churkin harus bertindak secara serius dan mendesak rezim Zionis untuk memperhatikan komitmen internasional dan menanggapi tuntutan Dewan Keamanan PBB,” kata Khazayee. Demikian menurut laporan Ahlul Bayt News Agency (ABNA) seperti dipantau Mi’raj News Agency (MINA).

Utusan Iran juga membahas blockade Gaza, pemukiman Israel di Gaza dan situasi para tahanan Palestina di penjara Israel.

Perwakilan dari Liga Arab dan dan kelompok Arab di PBB serta perwakilan Palestina di PBB juga hadir dalam pertemuan tersebut.

Juru Bicara Departemen Luar Negeri Iran Ramin Mehmanparast sangat mengutuk bentrokan pasukan Israel baru-baru ini terhadap rakyat Palestina di dekat masjid al-Aqsha di Timur al-Quds mengakibatkan bebrapa orang terluka.

Saksi mata mengatakan bahwa Israel menembakan granat di dekat masjid untuk membubarkan jamaah Palestina yang memprotes penodaan baru terhadap kitab suci umat Islam, Al-Qur’an, oleh tentara Israel.  Palestina membalas dengan melemparkan batu dan bpm Molotov.

Sebagai reaksi atas kejahatan Israel tersebut, Juru bicara kementrian luar negeri Iran mendesak organisasi-organisasi regional dan internasional, khususnya badan hak asasi manusia, untuk menunjukan reaksi serius terhadap tindakan agresif dan penodaan terhadap kesuciaan Islam oleh Israel.

Dia menambahkan, jika reaksi lemah diberikan masyarakat internasional maka akan mengakibatkan tindakan kejahatan yang berlanjut. (T/P013/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

      

 

Leave a Reply