JAMAAH ISLAMIYAH MESIR SERUKAN PARTAI PERTIMBANGKAN KEAMANAN SIPIL

Foto: Al Masyri YoumKairo, 8 Jumadil Awal 1434/19 Maret 2013 (MINA) – Partai Konstruksi dan Pembangunan, sayap politik Jamaah Islamiyah, menyerukan semua partai politik  pada Ahad (17/3) untuk memanfaatkan komite populer memulihkan keamanan di Mesir.

Menurut laporan Egypt Independent yang dipantau Mi’raj News Agency (MINA) pada Senin (18/3) partai tersebut mengatakan tidak ingin melibatkan tentara dalam hal ini, karena khawatir terjadi keadaan yang lebih parah seperti di Libya dan Suriah.

Komite populer terbentuk selama revolusi 25 Januari ketika polisi menarik diri dari jalan-jalan. Pihak  Islam membentuk komite populer lagi ketika 60 departemen kepolisian dan 34 Pasukan Keamanan pusat  melakukan mogok awal bulan ini.

Anggota Jamaah Islamiyah berdemonstrasi dengan sepeda motor Rabu lalu mengutuk kekerasan yang terjadi di Port Said, sebuah kota yang masih mengalami ketidakstabilan setelah bentrokan antara polisi dan demonstran menewaskan 48 orang,  serta memaksa polisi mundur dan menyerahkan keamanan kota itu kepada militer.

Partai tersebut juga menyatakan komite popular harus beroperasi dibawah payung Dewan Syura dan dikendalikan peraturan-peraturan untuk membantu tugas polisi tanpa melakukan sesuatu yang berlebihan.

Pernyataan itu berakhir dengan mengatakan seruan ini merupakan kewajiban bagi semua kelompok politik jika mereka ingin menjaga kepentingan negara.(T/P03/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Leave a Reply