JEPANG BERIKAN BANTUAN UNTUK MUSLIM MYANMAR

 Naypyitaw, 12 Jumadil Awal 1434/23 Maret 2013 (MINA) – Jepang memberikan bantuan makanan kepada para korban konflik dan pengungsi yang berada di wilayah mayoritas Muslim Myanmar, Rakhine dan Kachin sebesar dua miliar yen (21 juta dolar Amerika).

Sumbangan yang disponsori World Food Programme (WFP) tersebut secara resmi diserahkan kepada pemerintah Myanmar oleh Dubes Jepang untuk Myanmar, Mikio Numata di Naypyitaw, Myanmar, Jum’at kemarin (22/3).

Jumlah dana bantuan itu lebih besar dari bantuan yang diberikan pada tahun lalu yaitu 814 Juta yen (10 Juta dolar Amerika).

“Kontribusi yang sangat tulus dari Jepang akan memiliki dampak besar terhadap kemampuan kita untuk memastikan dukungan kepada mereka yang paling membutuhkan di Myanmar,” kata Direktur WFP, Carlos Veloso seperti dikutip Burma News International  yang dipantau Mi’raj News Agency (MINA).

Carlos menambahkan, sebagaimana kondisi Myanmar sedang berkembang pesat, serta konflik masih terjadi, masih banyak yang memerlukan bantuan terutama makanan, WFP memiliki peran penting menyediakan suplai makanan dan memastikan tidak ada yang kekurangan.

Selain kepada Muslim di Myanmar, Bantuan tersebut juga akan diberikan untuk program-program WFP di wilayah Myanmar lainnya seperti di wilayah Shan, Chin, Kayah dan Kavin.

WFP menjelaskan, dana tersebut cukup untuk membeli makanan bagi 250.000 orang selama enam bulan.

Pada tahun 2013, Jepang memberikan kontribusi dana lebih dari 170  juta dolar sebagai bantuan terbesar kedua untuk program WFP di Myanmar.

Sebelumnya, Jepang  sudah memberikan dana untuk program WFP selama 12 bulan sebesar 22 juta dolar. (T/P010/P02)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

 

 

 

Leave a Reply