JOHN KERRY KUNJUNGI SEOUL APRIL MENDATANG

Washington, 5 Jumadil Awal 1434/16 Maret 2013 (MINA) – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), John Kerry akan mengunjungi Seoul, Korea Selatan April mendatang. Kunjungan itu sebagai bagian dari turnya di Asia Timur. Demikian dilansir kantor Berita Xinhua yang dipantau Mi’raj News Agency (MINA).

Menurut departemen juru bicara Victoria Nuland, ini adalah kunjungan pertamanya ke kawasan Asia sejak ia menjabat pada bulan Februari lalu. Setelah pertemuan di London pada 10-11 April, Kerry berencana untuk mengunjungi Korea Selatan, Jepang dan China.

“Menteri akan bertemu dengan rekan-rekan dan mendiskusikan berbagai macam bilateral, isu-isu multilateral dan regional serta kerjasama ekonomi dan lingkungan,” katanya pada konferensi pers.

“Mengingat jadwal yang ketat, ia diharapkan untuk tinggal di Korea Selatan selama 24 jam,” kata Sekrertaris Kerry.

Di Seoul, Kerry akan bertemu dengan Presiden Park Geun-hye dan Menteri Luar Negeri Yun Byung-se untuk membahas masalah Korea Utara dan isu-isu aliansi bilateral.

Park sedang mempersiapkan untuk mengadakan pertemuan pertamanya dengan Presiden AS Barack Obama pada awal Mei.

“Hal ini belum diputuskan negara mana yang pertama kali akan ia kunjungi antara Korea Selatan, Jepang dan China,” katanya.

Sekretaris Pers Pentagon George Littles mengatakan, pertemuan akan dilakukan secara terpisah, US Wakil Menteri Pertahanan Ash Carter akan berkunjung ke Korea Selatan akhir bulan ini.

“Carter akan mengunjungi Jepang, Korea Selatan, Filipina dan Indonesia 17-21 Maret,” katanya.

Hali ini akan memberinya kesempatan untuk “melanjutkan konsultasi pertahanan AS pada berbagai tantangan keamanan bersama,” tambahnya. Pemerintahan Obama telah berusaha untuk menyeimbangkan diplomasi dan kehadiran militer terhadap kawasan Asia-Pasifik.(T/P014/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply