KEMENAG RENCANAKAN PKG UNTUK 40.000 GURU PAI

Foto: KemenagJakarta, 11 Jumadil Awal 1434/23 Maret 2013 (MINA) – Sebanyak 40.000 guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pada 2013 ini akan diikutkan dalam Pelatihan Kompetensi Guru (PKG) yang diselenggarakan Direktorat Pendidikan Agama Islam Ditjen Pendis Kemenag RI, kata Direktur PAI, Dr. Amin Haedari di Jakarta, Kamis (21/3).

Menurutnya, semua guru PAI pada akhirnya akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan ini, namun karena keterbatasan anggaran, tahun ini baru bisa melibatkan 40.000 guru saja, menurut laman kemenag yang dipantau Mi’raj News Agency (MINA) Jum’at (22/3).

“Tahun ini jumlah guru PAI yang diikutkan dalam pelatihan lebih banyak karena tahun kemarin (2012) yang diikutkan dalam pelatihan hanya 17.300 guru, atau sekitar sembilan persen dari jumlah seluruh guru PAI yang ada,” kata Haedari.

Tujuan PKG ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru agama Islam dalam melaksanakan tugas-tugas pembelajaran di sekolah. “Kemampuan guru PAI harus selalu di-charge secara berkala agar mereka tidak tertinggal. Dunia pendidikan itu dinamis, jadi memerlukan pengembangan kemampuan terus-menerus,” katanya.

“Ini juga untuk memperkuat profesionalisme guru setelah mereka disertifikasi,” tambahnya.

Namun demikian, Amin mengatakan khusus tahun ini, materi PKG akan difokuskan seputar Kurikulum 2013. Menurut Amin, guru PAI harus secepatnya mengetahui perubahan kurikulum ini. Sebab, hal itu akan berdampak pada proses dan hasil pembelajaran.

Seperti diketahui, pengajaran PAI di sekolah umum dalam Kurikulum 2013 ini jumlah jam pelajarannya ditambah, dari dua jam menjadi empat jam pelajaran. Hal ini memerlukan pemahaman yang lebih detail dari guru PAI, baik yang menyangkut perangkat pembelajaran, proses pembelajaran, maupun hasilnya.

Pelatihan ini rencananya juga akan melibatkan para pejabat PAI yang ada di daerah. “Karena struktur PAI di daerah masih baru, mereka akan kita libatkan dalam pelatihan ini agar dalam melaksanakan tugasnya mereka lebih menjiwai,”katanya. (T/P03/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply