KENDALIKAN TUBERCULOSIS, KEMENKES RI RAIH PENGHARGAAN DARI USAID

Washington, 15 Jumadil Awal 1434/27 Maret 2013(MINA) – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) menerima penghargaan “Champion Award for Exceptional Work in the Fight Against TB” dari USAID atas keberhasilan  pengendalian tuberculosis (TB) di Indonesia.

Kedutaan Besar RI melaporkan  dalam situs Kementerian Luar Negeri RI, penghargaan diberikan oleh wakil USAID, Ariel Pablos-Mendez kepada Duta Besar RI untuk, Dino Patti Djalal mewakili Kementerian Kesehatan RI di Washington DC, Rabu (20/3). 

Kemenkes dinilai berhasil mencapai kemajuan signifikan dalam pengendalian TB di Indonesia antara lain dengan menurunkan  angka kematian akibat TB menjadi setengahnya. Angka ini sesuai dengan Millennium Development Goals (MDGs).

Dino atas nama Kementerian Kesehatan, menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diberikan USAID atas keberhasilan Indonesia dalam pengendalian TB.

“Pengendalian TB merupakan salah satu indikator MDGs yang harus dicapai oleh Indonesia. Berkat kerja keras yang dilakukan oleh seluruh instansi terkait di Indonesia, target MDGs tersebut telah berhasil dicapai sejak tahun 2010,” kata Dino.

Indonesia telah berhasil menurunkan tingkat kematian penderita TB sebesar 71% dari 92 per 100.000 penduduk pada tahun 1990 menjadi 27 per 100.000 penduduk pada tahun 2010. 

Selain itu, prevalens  TB dapat diturunkan sebesar 35% dari 443 per 100.000 penduduk pada tahun 1990 menjadi 289 per 100.000 penduduk pada tahun 2010.

Pemerintah Indonesia juga telah mengalokasikan anggaran yang signifikan dalam pelayanan kesehatan masyarakat. Untuk menangani TB, anggaran yang disediakan Pemerintah RI mencapai USD 22,3 juta pada tahun 2012 atau meningkat 19% dari tahun 2011.

Dino juga menyampaikan penghargaan kepada USAID atas dukungan yang telah diberikan dalam pemberdayaan masyarakat dan peningkatan kapasitas di Indonesia. 

Acara penganugerahan penghargaan tersebut dihadiri oleh para praktisi kesehatan, perwakilan pemerintah AS, industri kesehatan, peneliti dan relawan TB.

Penghargaan juga diberikan oleh USAID kepada Treatment Action Group dan GeneXpert Development Team atas pencapaian dalam pelayanan kesehatan dan penelitian dalam menanggulangi TB di dunia. (T/P09/R2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply