LEDAKAN BOM PAKISTAN, 48 WARGA SYIAH TEWAS

Karachi, 23 Rabiul Akhir 1434/4 Maret 2013 (MINA) – Ledakan bom tewaskan 48 orang  dan 150 terluka termasuk perempuan dan anak-anak terjadi di lingkungan Syiah Karachi.

Menurut laporan penduduk setempat seperti yang dilansir The Times of India dan dipantau MINA, ledakan pertama terjadi di luar sebuah imambargah (ruang doa syiah) di Kota Abbas di sekitar  jam 7 malam.  Sementara ledakan kedua menyusul dalam waktu 10 menit kemudian.

Petugas kesehatan mengatakan 48 orang tewas dalam ledakan yang menyebabkan kerusakan cukup parah, dimana bangunan dan tempat tinggal hancur. Ledakan juga menghancurkan beberapa toko, seperti diberitakan harian tersebut. 

Sementara itu menurut para pejabat polisi ledakan pertama disebabkan oleh bahan peledak yang disembunyikan dalam sebuah mobil yang diparkir dekat pintu masuk Kota Abbas.

Kantor berita the times of india melaporkan bahwa ledakan kedua disebabkan oleh tabung gas dari sebuah mobil, meskipun ini tidak bisa segera dikonfirmasi. Ledakan menyebabkan pemadaman listrik dan memicu kepanikan di Kota Abbas, dimana banyak populasi Syiah. Selain bangunan tempat tinggal yang hancur, ledakan pertama itu juga telah menghancurkan dua blok apartemen dan merusak sekitar 20 toko dan beberapa mobil.

“Asap hitam tebal mengepul dari lokasi ledakan. Seluruh wilayah berbau bahan peledak,” kata sumber keamananan setempat. Karena dahsyatnya, pejabat keamanan menambahka bahwa ledakan itu menimbulkan lubang besar seperti kawah sekitar empat hingga sepuluh meter. 

Rumah sakit Jinnah sendiri menerima 20 mayat dan orang terluka parah beberapa. Kepala Rumah Sakit Patel mengatakan mereka telah menerima delapan mayat dan empat orang lagi meninggal karena luka-luka saat tiba di rumah sakit.

Keadaan darurat terlihat di rumah sakit Karachi, dimana para dokter melakukan operasi untuk menyelamatkan korban. “Beberapa anak termasuk di antaranya ada yang terluka parah,” kata para pejabat rumah sakit tersebut.

Human Rights Watch mengatakan lebih dari 400 warga Syiah tewas di Pakistan sepanjang tahun 2012. Dimana menurut catatan, jumlah itu merupakan jumlah paling mengerikan bagi komunitas Syiah Pakistan. 

Pada tanggal 16 Februari lalu, menurut catatan sumber setempat, serangan bom yang menargetkan Muslim Syiah di Bazaar, kota utama barat daya Quetta menewaskan sedikitnya 90 orang, termasuk perempuan dan anak-anak, dan melukai lebih dari 200.

Sementara pada 10 Januari, serangan bom kembar di ruang biliar ramai di Quetta juga terjadi. Quetta adalah ibukota Provinsi Balochistan. Dalam serangan bom itu sekitar 90 orang warga Syiah tewas.(T/P010/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)
               

Leave a Reply