MANDELA KELUAR DARI RUMAH SAKIT

      Pretoria, 29 Rabiul Akhir 1434/ 11 Maret 2013 (MINA) – Presiden Kulit Hitam Pertama Afrika Selatan, Nelson Mandela telah dipulangkan dari rumah sakit setelah pemeriksaan medis yang dijadwalkan berjalan dengan baik, lapor Aljazeera mengutip pernyataan Kepresidenan Afrika Selatan.

      “Para dokter telah menyelesaikan tes. Dia baik dan seperti sebelumnya, kesehatannya masih terus diperhatikan tim medis,” ungkap pernyataan tersebut pada Ahad (10/3), demikian menurut laporan Aljazeera yang dipantau Mi’raj News Agency (MINA), Senin pagi.

       Juru Bicara Kepresidenan, Mac Maharaj mengatakan kepada Presiden Jacob Zuma, kita tidak perlu panik dan percaya bahwa dokter telah melakukan usaha maksimal untuk terus menjaga kondisi Mandela seiring dengan faktor usia yang dialaminya.

        Mac mengatakan, Mandela yang sudah berusia 94 tahun harus dirawat di sebuah rumah sakit di Pretoria, ibukota, pada Sabtu sore, tanpa mengungkapkan rincian lebih lanjut tentang kondisi pemimpin yang anti- apartheid tersebut.

       Ini adalah kali kedua Mandela masuk rumah sakit dalam waktu kurang dari tiga bulan. Dia dirawat di rumah sakit selama hampir tiga pekan pada bulan Desember lalu sebelum pulang pada 26 Desember.

       Pada saat itu, ia dirawat karena infeksi paru-paru dan harus melakukan operasi untuk menghilangkan batu empedu.

       Peraih penghargaan Nobel Perdamaian tersebut memiliki sejarah penyakit paru-paru yang didapatnya saat dia menjadi tahanan politik. Dia menghabiskan 27 tahun di penjara, termasuk 18 tahun saat diasingkan di Robben Island, Cape Town.

        Mandela menjadi presiden Afrika yang meraih peningkatan ekonomi terbesar pada tahun 1994 setelah mengakhiri pemerintahan apartheid. (T/P01/E1).

Mi’raj News Agency (MINA)

Rate this article!

Leave a Reply